Download Template Blogger Premium Gratis DOWNLOAD ❤

Pencarian Cepat šŸ’”

Tutorial Google Ads Untuk Pemula



Tutorial Google Ads Untuk Pemula. Metode periklanan Google Adwords (Google Ads) dinilai memiliki prospek yang baik untuk berbagai kategori bisnis, dari kecil, menengah hingga besar.

Khusus untuk pengusaha pemula, meningkatkan kesadaran atau membuat produk dan layanan dikenal publik adalah salah satu tujuan utama dalam membuka pintu profitabilitas.

Jadi, simak panduan kami dalam menggunakan Google Ads, khususnya bagi pemula yang ingin mulai mempromosikan bisnisnya dan menjangkau target audiens yang lebih luas.

Apa itu Iklan Google?


Menggunakan kata kunci SEO yang tepat dalam iklan Anda dengan Google Ads dapat meningkatkan peluang produk bisnis Anda muncul di pencarian teratas di halaman Google.


Google Ads adalah fitur iklan berbayar yang muncul di Google Penelusuran. Untuk dapat menampilkan iklan berbayar atau pencarian berbayar, pengiklan tentunya harus membayar untuk menampilkan iklan menggunakan kata kunci tertentu yang terkait dengan produk dan layanan.


Itulah mengapa penting untuk memiliki kata kunci tertentu yang ditargetkan dengan benar saat beriklan melalui Mediasi Google Adwords, agar hasil pencarian untuk produk bisnis Anda berada di urutan teratas Google Penelusuran.


Semakin tinggi peringkat hasil pencarian Anda di halaman Google menggunakan pencarian berbayar, semakin besar kemungkinan iklan Anda akan dilihat oleh lebih banyak orang, tentu saja, sekaligus meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan pelanggan.


Tutorial Menggunakan Google Ads



Pemula harus mulai belajar dan beradaptasi dengan tren bisnis di era digital ini. Anda perlu memahami konsep Google Adwords yang efektif. Berikut adalah dasar-dasar yang perlu diketahui pengusaha pemula sebelum memutuskan untuk mengiklankan produk atau layanan mereka dengan Google Adwords:


1. Cara Kerja dan Efektivitas Google Adwords


Mari kita buat analogi sederhana tentang cara kerja Google Adwords. Misalnya, ketika calon pelanggan mencari kebutuhan mereka dengan kata kunci atau kata kunci di bidang pencarian Google, produk atau layanan Anda juga akan muncul di halaman pencarian Google.


Misalnya, saat orang menelusuri kata kunci "sepatu murah". Jika Anda mengoptimalkan fungsionalitas Google Adwords Anda dengan memilih kata kunci terbaik dari pencarian organik, kemungkinan orang akan mengunjungi situs web Anda sangat tinggi.


Nah, jika Anda berhasil “mengambil” situs periklanan terlebih dahulu, maka kredibilitas dan kepercayaan calon konsumen juga akan meningkat. Hal ini dapat membuat mereka tertarik untuk membeli produk Anda atau menggunakan layanan Anda.


2. Bayar Iklan di Google Adwords


Ada 3 biaya untuk iklan Google Ads agar pengiklan tidak melewatkan dan membuat pilihan yang salah, CPM, CPC, dan CPA


Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat menjalankan iklan Google Ads. Salah satunya adalah tidak membiarkan dolar iklan melebihi pendapatan untuk waktu yang lama. Jadi, lakukan penilaian secara teratur dan detail.


Plus, Anda hanya membayar iklan Anda ketika orang mengklik dan mengunjungi situs web bisnis Anda. Ada tiga istilah yang perlu dipahami agar iklan lebih efektif menggunakan teknologi iklan berikut:


Biaya per 1000 tayangan (bayar per seribu tayangan)


Anda hanya membayar untuk setiap 1.000 orang yang melihat iklan yang "bertengger" di halaman pencarian Google. Ini adalah metode yang efektif jika Anda ingin melihat peningkatan yang signifikan dan dampak iklan Anda terhadap penjualan Anda.


BPK (bayar per klik)


Anda hanya membayar bila calon pelanggan mengeklik iklan Anda. Pada saat yang sama, Google tidak mengenakan biaya jika mereka hanya melihat iklan dan tidak mengklik.


Biaya per konversi (bayar per konversi)


Cara ini dianggap paling efektif karena Anda hanya membayar Google ketika calon pelanggan mencapai tujuan Anda, seperti ketika mereka benar-benar mengunjungi situs iklan Anda, yang dapat dilihat dari lamanya mereka berada di situs Anda. calon pelanggan memasukkan produk Anda ke dalam keranjang dan sebagainya.


3. Cara daftar akun Google Adwords dan melakukan transaksi pembayaran


Persyaratan awal untuk menjalankan iklan adalah memiliki akun Gmail dan mendaftarkannya ke Google Adwords


Jika Anda sudah memahami konsep dan cara kerja Google Adwords, langkah selanjutnya adalah sign up atau mendaftar akun di Google Adwords.


Berikut checklist dan proses pembayarannya:

  • Buka browser Anda dan mulai kunjungi situs web Google Ads
  • Jangan lupa untuk masuk ke akun Google yang Anda gunakan sebagai akun Google Adwords Anda
  • Kemudian klik menu "Mulai" dan pilih salah satu dari tiga tujuan periklanan Anda
  • Tulis jawabannya di kolom deskripsi bisnis dan masukkan URL situs web iklan
  • Mengisi jangkauan target konsumen
  • Tentukan kata kunci atau kata kunci pencarian untuk produk atau layanan
  • Isi lima kolom, termasuk judul dan deskripsi iklan
  • Masukkan nomor ponsel yang akan muncul di iklan Google agar calon pelanggan dapat menghubungi nomor yang tertera
  • Selain kebebasan Anda untuk menentukan anggaran Anda sendiri, Anda dapat membayar bulanan dengan salah satu dari tiga opsi anggaran atau rencana pembayaran yang ditawarkan oleh Google
  • Informasi transaksi pembayaran yang lengkap


4. Keuntungan menggunakan Google Adwords untuk pengusaha


Keuntungan menggunakan Google Ads untuk pengusaha pemula adalah biaya iklan terpantau sehingga dapat meningkatkan omzet penjualan.


Saat beriklan di Google, beberapa umpan balik diperoleh, meskipun tidak secara langsung dan cepat. Kecepatan itu tergantung pada bagaimana Anda mengoptimalkan pencarian yang ada.


Berikut manfaat menggunakan fitur Google Adwords untuk pengusaha pemula:


Dapat memantau biaya iklan


Sistem PPC yang digunakan oleh Google Adwords memudahkan pengiklan untuk mengelola dan memantau biaya iklan terhadap anggaran. Jadi Anda tidak perlu khawatir tentang kenaikan biaya iklan.


Meningkatkan omset


Secara tidak langsung, iklan yang sudah terpasang di Google akan mendatangkan banyak calon pelanggan, meski tidak menjamin kesuksesan bisnis 100%. Pasalnya, tingkat keberhasilan ini disesuaikan dengan kata kunci atau pemilihan dan pengelolaan kata kunci yang benar. Kesesuaian anggaran juga sangat berpengaruh.


Pemilihan format iklan non-Motone


Ada beberapa jenis format iklan yang dapat dipilih, termasuk teks, visual, dan audio. Namun hal ini tentunya akan disesuaikan dengan budget yang disediakan.


Target konsumen yang tepat


Calon konsumen juga akan terpetakan dengan baik dengan bantuan teknik pencarian pengolahan kata kunci di Google. Orang yang ingin membeli sepatu pasti melihat iklan yang menjual sepatu.- Reputasi situs web penjualan meningkat dengan SEO situs web


Optimasi SEO dengan mencari kata kunci yang paling banyak dicari akan cepat terdeteksi di indeks pencarian Google.


5. Kelemahan Fitur Google Adwords untuk Pengusaha


Google Ads juga memiliki kelemahan yaitu bisa mahal jika Anda memilih fitur premium


Meskipun dikatakan memberikan umpan balik yang cukup bagus, ada beberapa fitur Google Adwords yang tidak mendukung 100% upaya Anda. Beberapa kelemahan tersebut perlu dipahami sebagai dasar pertimbangan untuk mencantumkan iklan.


Menarik konsumen tidak selalu mudah


Kelemahan ini perlu disikapi dengan baik. Karena ini adalah hasil dari upaya Anda untuk menyempurnakan kata kunci Anda. Kata kunci yang kurang optimal dapat mempersulit calon konsumen untuk menemukan situs periklanan.


Fitur AdWords premium yang mahal


Jika Anda ingin menjalankan iklan berdasarkan kata kunci yang pasti muncul di bagian atas pencarian Google, Anda juga harus bersedia membayar banyak uang dan meningkatkan ke Adwords Premium.


Langkah ini seperti pertaruhan. Jika produk Anda menarik dari segi kualitas dan harga, tentu menguntungkan. Tetapi jika sebaliknya, Anda bisa menjadi scammer karena tidak mendapatkan kembali investasi Anda.


Deskripsi iklan tidak boleh hilang


Jadi ketika sebuah iklan berhasil "bertengger" di bagian atas atau halaman pertama pencarian Google, orang lain melihatnya sebagai kesuksesan Google Adwords,Bukan berdasarkan kerja keras Anda mengoptimalkan SEO secara mandiri.


Pasalnya, iklan Anda ditulis dengan jelas dan disisipkan deskripsi "ad/ads".


Nah, para pelaku bisnis pemula bisa memutuskan untuk menggunakan alat Google Ads berdasarkan beberapa poin yang disebutkan di atas. Langkah ini membutuhkan persiapan yang matang.


Karena dalam bisnis, modal dan keuntungan harus diperhatikan semaksimal mungkin agar hasil bisnis tidak dibayar untuk iklan saja.

Mungkin ketidaksempurnaan kita yang membuat kita begitu sempurna satu sama lain.Cinta adalah ruang dan waktu yang diukur oleh hati.Cinta terdiri dari satu jiwa yang menghuni dua tubuh.Kamu mungkin me…

Posting Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.