Download Aplikasi Pemulihan File Penting DOWNLOAD ❤

Pencarian Cepat šŸ’”

Tips Menulis Bagi Penulis Pemula

Tips Menulis Bagi Penulis Pemula. Bagaimana cara menulis artikel. Menulis adalah pengetahuan dasar yang harus dipelajari kebanyakan orang. Namun, tidak semua orang dapat memahami cara penulisan yang benar dan urutan penulisan karya sastra dll.


Pemula juga mungkin bingung untuk memulai menulis karena kurangnya pengalaman atau kesulitan membentuk ide di benak mereka. Pada akhirnya, pekerjaan mereka tidak bisa berkembang.


Oleh karena itu, penulis pemula harus terlebih dahulu memahami bagaimana memulai menulis, dimulai dengan keterampilan dasar menulis dan bagaimana menemukan ide pengembangan sebelum mengeksekusi. Hal ini dikarenakan menulis bukan hanya sekedar menyalin atau mengungkapkan ide, tetapi penulis juga harus mampu mendeskripsikan dan membangun imajinasi pembaca hingga pesan yang disampaikan tersampaikan.


Cara yang harus Anda coba untuk mulai menulis


Agar penulis pemula tidak bingung, berikut 15 cara memulai yang bisa diterapkan dalam menulis prosa.


1. Baca dengan seksama


Rajin membaca buku, novel, komik, atau karya sastra lainnya adalah salah satu cara untuk memulai menulis. Sebab, sebelum membuat karya sendiri, penulis harus memiliki banyak sumber referensi penulisan.


Dimulai dengan rajin membaca ini, penulis akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang berbagai genre tulisan, gaya bahasa, dan tulisan yang paling populer di kalangan pembaca. Selain itu, rajin membaca juga membantu menambah pengetahuan, informasi dan membangun imajinasi penulis.


Yang terpenting, rajin membaca membantu menambah perbendaharaan kata penulis. Jadi jangan menyebut diri Anda seorang penulis jika Anda belum pernah membaca buku.


2. Lakukan riset


Penelitian adalah proses penyelidikan yang aktif, tekun, dan sistematis yang bertujuan untuk menemukan, menafsirkan, dan merevisi fakta. Sebelum Anda mulai menulis, penulis perlu melakukan riset untuk menemukan data dan fakta di lapangan, terutama jika Anda akan menulis tentang sesuatu yang kurang familiar atau terkait dengan isu-isu masyarakat.


Penulis dapat melakukan penelitian dengan cara membaca buku, jurnal, melakukan wawancara, mengamati, dan mempelajari berbagai sumber yang relevan. Penulis tidak perlu memasukkan semua temuan dari berbagai sumber ini, tetapi cukup mengekstrak poin yang paling penting.


Langkah ini juga akan membantu penulis membuat makalah yang berbobot. Karena menulis tidak hanya bergantung pada keterampilan pembentukan kata, tetapi juga pada keakuratan data. Oleh karena itu, penulis membutuhkan informasi yang berharga dalam tulisannya, bukan hanya sekedar mengolah kata.


Menurut Mori, hal terbaik tentang menjadi seorang penulis adalah mampu mengarang segalanya sambil mengatakan yang sebenarnya.


3. Temukan suasana menulis yang nyaman dan menyenangkan


Kenyamanan dan ketenangan juga menjadi salah satu kunci sukses menulis. Penulis harus menemukan lingkungan dan tempat yang nyaman dan tenang untuk mulai menulis. Sebab, lingkungan mempengaruhi penulis untuk mengekspresikan ide-idenya dan membangun imajinasi dalam tulisan.


Memastikan penulis memilih tempat dan momen yang membantunya fokus lebih baik dan memungkinkan semua imajinasinya bekerja. Selain lokasi dan keadaan sekitar, penulis perlu memperhatikan alat dan waktu penulisan.


Pertimbangan penulis dalam memilih lingkungan yang nyaman dan tenang ini antara lain:


  • Waktu penulisan, yaitu pagi, siang, sore, malam, hari kerja atau akhir pekan.
  • Tempat, yaitu rumah, kafe, perpustakaan atau tempat membaca, taman, kantor, dll.
  • Kondisi lingkungan, yaitu ramai, tenang, sejuk, dll.
  • Alat, yaitu laptop, notebook, komputer, ipad, dll.


4. Memahami kebutuhan pembaca


Cara paling penting untuk memulai menulis adalah dari keinginan Anda sendiri dan untuk diri Anda sendiri. Namun, jangan lupa bahwa penulis juga menunjukkan kepada pembaca hasil karyanya.


Karena itu, penulis juga perlu mempertimbangkan kebutuhan pembacanya sebelum memutuskan suatu topik dan menulis tentangnya. Ada banyak jenis karya tulis, mulai dari novel, cerpen, komik hingga buku.


Setiap bentuk karya tulis memiliki ciri khas bagi setiap pembacanya. Setelah penulis menentukan jenis tulisan, saatnya mencari sesuatu yang banyak diminati pembaca tanpa menghilangkan keinginan penulis.


Langkah ini dirancang untuk membantu penulis mendapatkan perspektif baru dari perspektif pembaca. Kemudian, posisikan diri Anda sebagai pembaca untuk membentuk ikatan emosional dalam tulisan saat dibutuhkan, entah itu perasaan senang atau sedih, atau membantu pembaca menemukan solusi. Dengan cara ini tulisan akan lebih relevan dan menarik minat pembaca.


5. Meningkatkan interaksi dan diskusi dengan orang lain


Berinteraksi dan berdiskusi dengan orang lain adalah cara lain untuk menambah wawasan, informasi dan memperjelas pengetahuan, data atau fakta sebelum mulai menulis. Anda tidak hanya perlu berinteraksi dengan pembaca, orang awam atau ahli, tetapi Anda juga perlu mendiskusikan berbagai hal dan mengoreksi tulisan mereka dengan sesama penulis, kerabat dekat dan keluarga.


Karena orang lain mungkin memiliki wawasan lebih dari Anda, dan sebaliknya. Interaksi dan diskusi juga membantu penulis memperluas wawasan mereka sebelum mereka mulai menulis.


Selain itu, kritik dan saran dari orang lain dalam diskusi juga dapat membantu penulisan, menjadikannya sebuah karya yang menarik dengan banyak peminat. Jadi, jangan ragu untuk berinteraksi dan berdiskusi dengan banyak orang untuk membantu Anda memproses tulisan Anda.


6. Temukan edisi terbaru


Pertanyaannya adalah rumor, pertanyaan yang telah diangkat dan didiskusikan banyak orang. Isu hangat ini dapat menjadi subjek artikel dan informasi tambahan.


Menemukan pertanyaan terbaru adalah cara untuk mulai menulis sehingga otak tidak hanya dapat menyimpan informasi lama seperti museum sejarah, tetapi juga mengikuti perkembangan informasi. Apalagi sekarang di era digital ini, mudah bagi kita untuk mengikuti perkembangan segala macam informasi.


Langkah ini juga akan membantu penulis menulis artikel yang lebih dekat dengan kehidupan masyarakat setelah berfokus pada isu-isu terkini. Oleh karena itu, makalah yang diterbitkan nantinya akan menggugah minat banyak pembaca.


7. Pilih topik yang Anda kuasai


Tema merupakan inti dari keseluruhan isi tulisan yang akan disampaikan kepada pembaca. Topik adalah hal pertama yang harus diputuskan seorang penulis sebelum mulai menulis.


Setelah melakukan berbagai metode penelitian dan referensi yang luas, akan memudahkan penulis untuk menentukan topik yang akan dibahas secara tertulis. Namun, pilihlah topik yang paling mudah dipahami, bahkan topik yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari penulis.


Pilihan termudah adalah menulis tentang pengalaman pribadi, tetapi perlu diingat bahwa tidak semua kehidupan penulis relevan dan menarik bagi pembaca. Sebelum mulai menulis, penulis perlu menghubungkan kehidupan sehari-hari dan pengalaman pribadinya dengan isu terkini atau kehidupan masyarakat.


8. Keluarkan semua pikiran dan imajinasimu


Ide adalah hasil dari suatu ide, pemikiran, atau rancangan yang tersusun dalam pikiran pengarang. Setelah memutuskan topik apa yang akan dibahas, saatnya penulis menuangkan semua pemikiran dan imajinasinya ke dalam tulisan.


Penulis juga dapat menyusun semua data penting yang diperoleh dari hasil penelitian menjadi sebuah buku yang menarik. Jika Anda merasa bingung dan hampa, cobalah untuk berhenti dan mencari inspirasi kembali dengan kegiatan yang ringan dan menyenangkan.


9. Ikuti forum penulis


Forum adalah tempat diskusi gratis dengan institusi, kolega atau komunitas. Forum menulis tentu sangat penting bagi penulis pemula sebelum mereka mulai menulis.


Forum menulis, seminar, atau lokakarya ini dapat membantu penulis menambah wawasan yang lebih luas dalam bidang penulisan. Dalam forum ini, para penulis pemula biasanya memiliki kesempatan yang lebih baik untuk bertemu dengan penulis senior berpengalaman dan melihat banyak karya sukses yang menarik minat pembaca.


Selain itu, penulis pemula juga dapat mengetahui perkembangan di bidang penulisan, baik dari segi bisnis maupun dari segi minat pembaca di era serba digital ini. Hal ini memungkinkan penulis untuk mengembangkan strategi yang lebih matang sebelum mulai menulis, dan mempublikasikan hasilnya nanti.


10 Coba ngeblog


Blog adalah platform yang dapat digunakan siapa saja untuk berbagi karya tulis, pengetahuan, informasi, dan lainnya. Di era digital saat ini, semakin banyak orang yang menggunakan blog sebagai media untuk menulis dan berbagi karya.


Bahkan penulis pemula dapat memanfaatkan platform ini untuk menunjukkan keterampilan menulis mereka. Penulis dapat memulai dengan cerita kecil di blog dan menggunakan kolom komentar untuk mengukur minat dan reaksi pembaca.


Sehingga penulis langsung memahami pandangan dan minat pembacanya melalui kolom komentar. Selain itu, blog bisa menjadi cara menulis setiap hari atau forum diskusi dengan pembaca.


11. Kembangkan kerangka tulisan


Kebanyakan penulis sering mengalami kebingungan selama proses penulisan, sehingga cerita menjadi tidak teratur dan kehilangan plotnya. Oleh karena itu, penulis harus membuat garis besar tulisan sebagai bagian dari rencana sebelum mulai menggambarkan keseluruhan cerita.


Garis besar juga akan membantu penulis menentukan alur cerita dan membantu mengingat apa yang akan dimasukkan dalam cerita. Bahkan, garis besar ini juga dapat membantu Anda menemukan data yang mungkin masih kurang.


Jadi kamu tidak bingung selama proses penulisan, dan jalan cerita tidak berantakan atau melompat-lompat, yang akan membingungkan pembaca. Selain itu, pesan yang disampaikan dari tulisan akan menjadi tidak biasa dan hilang.


12. Jangan menjadi perfeksionis


Tulis gratis secepat mungkin, dan tulis semuanya di atas kertas, kata John Steinbeck. Pastikan untuk mengoreksi atau menulis ulang semuanya sebelum menuliskannya.


Konon, salah satu cara sukses untuk mulai menulis adalah dengan menuliskan semua kata, pikiran, dan gambar yang muncul di benak Anda. Dalam pengalaman menulis pertama Anda, Anda harus mengesampingkan Pedoman Ejaan Universal Bahasa Indonesia (PUEBI) dan aturan tata bahasa lainnya terlebih dahulu.


Karena, itu mencegah Anda dari menulis dan menuangkan semua pikiran Anda ke dalam kepala Anda. Plus, terlalu sering mengoreksi tulisan sebelum seluruh cerita selesai bisa membuat Anda lebih mudah lelah dan bosan lagi. Pada akhirnya, tulisan Anda akan berhenti dan sulit untuk berkembang.


13. Evaluasi Penulisan


Penilaian adalah penilaian atau penilaian yang juga termasuk sebagai cara untuk memulai menulis. Meskipun lebih baik Anda menulis tanpa henti dan tidak menghapus kalimat yang sudah berulang kali ditulis, bukan berarti Anda tidak boleh mengevaluasi tulisan Anda.


Penulis harus mampu menjadi editornya sendiri agar dapat mengevaluasi hasil tulisannya setelah selesai. Penulisan dinilai lebih baik setelah keseluruhan cerita ditulis daripada selama proses penulisan.


Penulis perlu membaca ulang karyanya dari depan ke belakang, memperhatikan tanda baca, perbaikan ejaan (EYD), margin, penggunaan kalimat majemuk, dan kontinuitas antar kalimat.


Anda harus memastikan bahwa tulisan Anda tidak membingungkan pembaca dan gagal memahami pesannya. Proses penilaian ini juga membantu penulis pemula memahami cara menulis sesuai EYD dan cara memulai menulis secara sistematis.


14. Bagikan postingan di media sosial


Media sosial adalah media online yang digunakan penggunanya untuk berpartisipasi, berinteraksi, berbagi, membuat jejaring sosial, wiki, forum, dan dunia maya, tanpa memandang ruang dan waktu.


Selain blogging, media sosial juga bisa menjadi wajah para penulis pemula yang baru mulai menulis untuk berbagi karya. Anda mungkin dapat menggunakan Facebook, Instagram, Twitter, dll. untuk membagikan tautan ke blog Anda yang berisi karya Anda.


Pendekatan ini akan membantu Anda menjangkau lebih banyak orang dan mendapatkan lebih banyak pembaca. Selain itu, hampir setiap orang saat ini pasti memiliki media sosial dan mendapatkan informasi apapun darinya.


15. Ikuti kontes menulis


Penulis juga perlu sesekali mengikuti kontes atau kompetisi menulis untuk mengobarkan semangat mereka dalam menciptakan karya tulis terbaik, serta mengukur kemampuan mereka sebagai penulis.


Jika Anda baru mulai menulis, kompetisi menulis ini sebenarnya akan menjadi langkah terbaik untuk membuka pintu berikutnya. Sebab, berbagi postingan melalui blog dan media sosial mungkin tidak cukup.


Selain itu, kontes juga dapat menjadi wadah bagi penulis untuk menemukan titik awal menulis dari berbagai usaha seperti membaca buku, diskusi, penelitian, berpartisipasi dalam forum, dll. Sebelum itu, Anda terjun ke dunia nyata penerbitan karya Anda dan bersaing dengan penulis lain untuk mendapatkan pembaca.


16. Konsisten


Konsistensi adalah tetap atau tidak berubah. Semua cara di atas untuk memulai menulis tidak masuk akal jika Anda tidak konsisten sebagai penulis.


Setelah Anda menemukan formula penulisan yang tepat, konsistensi tetap menjadi kunci utama kesuksesan menulis. Anda juga perlu menantang diri sendiri untuk menulis secara teratur.


Misalnya, menulis 100 kata sehari sebelum aktivitas apa pun selama 1 bulan. Tulis 10 artikel 1000 kata, tulis status minimal 100 kata di media sosial, lalu posting 1 tahun hasil tulisan di blog atau media sosial Anda.


Jika Anda tidak dapat mencapai tujuan ini, Anda dapat mendorong diri sendiri dengan memasang taruhan atau ancaman pada diri sendiri. Misalnya, jangan makan daging jika Anda tidak mencapai tujuan Anda.


Kesimpulannya


Pada dasarnya, siapa pun bisa menjadi penulis dan mulai menulis. Namun, itu semua tergantung pada keinginan dan usaha masing-masing orang untuk melakukannya. Selain itu, menulis adalah pelajaran dasar yang harus dipelajari setiap orang sejak usia dini.


Keterampilan menulis seseorang tidak hanya ditentukan oleh seberapa banyak pengetahuan yang dimilikinya dalam bidang ini, tetapi yang lebih penting adalah kebiasaan. Saat Anda terbiasa menulis dan membuka diri terhadap sains baru, Anda akan menemukan jati diri atau karakter Anda sebagai seorang penulis.


Namun, jangan lupa untuk menerapkan langkah-langkah di atas saat Anda mulai menulis. Sebab, 15 cara memulai menulis ini akan membantu Anda menciptakan karya yang luar biasa. Ingat, semakin banyak seseorang berlatih menulis, semakin baik tulisannya.


Posting Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.