Download Template Blogger Premium Gratis DOWNLOAD ❤

Pencarian Cepat 💡

Startup AI xAI Elon Musk Rilis Chatbot Grok, Diklaim Unggul di Bidang Coding Kalahkan ChatGPT



Startup AI Elon Musk, xAI, telah merilis chatbot AI baru bernama Grok, untuk menyaingi semakin populernya AI Generatif. 

Fungsi Grok mirip dengan ChatGPT, yaitu menjawab pertanyaan yang diajukan pengguna berdasarkan informasi yang dihasilkan oleh model bahasa besar.

Namun, kinerjanya diperkirakan mengungguli ChatGPT-3.5 dalam beberapa tes akademik, termasuk matematika dan coding.

Peluncuran Grok dilakukan setelah kesuksesan ChatGPT OpenAI, sebuah proyek yang didirikan sendiri oleh Musk.

Dengan xAI yang kini memimpin, Grok siap untuk tidak hanya menjawab pertanyaan pengguna tetapi juga mengajukan pertanyaan, terinspirasi oleh semangat aneh “The Hitchhiker’s Guide to the Galaxy.”

Grok didukung oleh mesin baru yang disebut Grok-1, yang memiliki akses informasi real-time melalui platform X. 

Untuk menilai kemampuannya, xAI melakukan serangkaian evaluasi menggunakan tolok ukur pembelajaran mesin standar yang dirancang untuk mengukur kemampuan matematika dan penalaran.

Grok mengungguli semua model lain di kelas komputasinya, termasuk ChatGPT-3.5 dan Inflection-1, sebagaimana dirilis dari laman Gizmochina, Senin (6/11/2023).

Hal ini hanya dilampaui oleh model yang dilatih dengan jumlah data pelatihan dan sumber daya komputasi yang jauh lebih besar, seperti GPT-4.

Selain tolok ukur ini, xAI juga memberikan penilaian langsung kepada Grok pada final matematika sekolah menengah nasional Hongaria 2023. 

Grok lulus ujian dengan nilai C (59 persen), sedangkan Claude-2 mendapat nilai yang sama (55 persen), dan GPT-4 mendapat nilai B dengan 68 persen.

“Ini juga akan menjawab pertanyaan-pertanyaan pedas yang ditolak oleh sebagian besar sistem AI lainnya,” kata xAI dalam sebuah tweet. 

“Grok dirancang untuk menjawab pertanyaan dengan sedikit kecerdasan dan memiliki sifat memberontak, jadi tolong jangan gunakan itu jika Anda benci humor!”

xAI mengatakan bahwa Grok masih merupakan produk beta awal, namun berkembang pesat dari minggu ke minggu. 

Perusahaan juga berupaya menerapkan lebih banyak langkah keamanan untuk memastikan bahwa Grok tidak digunakan untuk niat jahat.

Grok akan tersedia di X Premium Plus seharga 16 Dolar AS per bulan, namun saat ini hanya ditawarkan kepada sejumlah pengguna terbatas di Amerika Serikat.

Posting Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.