Download Template Blogger Premium Gratis DOWNLOAD ❤

Pencarian Cepat 💡

Cara Membuat Text Box Menjadi ReadOnly di Kodular.io

Text Box yang merupakan salah satu komponen widget yang berfungsi untuk memasukkan / menginput data karakter di Kodular. Terkadang, ada beberapa text


Text Box yang merupakan salah satu komponen widget yang berfungsi untuk memasukkan / menginput data karakter di Kodular. Terkadang, ada beberapa text input harus di Readonly-kan agar tempat input tersebut tidak bisa mengedit apapun di dalam input teks tersebut. Misalkan, kamu melakukan pengeditan biodata kamu di sekolah kamu yang dimana teks input untuk NISN tidak boleh diotak-atik pada aplikasi Android dari sekolah kamu.

Kali ini, penulis memberikan tutorial cara membuat text box menjadi Readonly di Kodular. Hal ini berguna untuk menghindari atau meminimalisir kesalahan yang disebabkan ketidakcocokan antara pencarian data dengan hasil pencarian data yang ada, dan adanya pihak yang tidak bertanggung jawab dalam pengeditan data yang terutama data unik.

LANGKAH-LANGKAH :
1. Aktifkan web browser di komputer atau laptop anda.

2. Ketikkan http://c.kodular.io pada address bar. Tunggu sampai halaman utama muncul.

3. Melakukan login dengan cara manual atau sistem OAuth. Tunggu beberapa saat sampai redirect ke homepage.

4. Klik Create Project untuk membuat project baru.

5. Isikan nama judul project sesuai dengan keinginan anda. Misalkan, nama judul project adalah "readonlytext1". Klik Next.

6. Aturlah tampilan Theme UI aplikasi Android, klik Finish.

7. Drag komponen widget TextBox, tarik widget tersebut ke Screen.

8. Centangkan opsi Read Only pada bagian properties.

SELESAI.

Sekian...

Terima kasih...

Posting Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.