Download Template Blogger Premium Gratis DOWNLOAD ❤

Pencarian Cepat šŸ’”

Blok Program Screen.ErrorOccurred() di Kodular.io

Kali ini, penulis membahas salah satu blok program yang terdapat di bagian Screen yakni Screen.ErrorOccurred(). Blok
Blok Program Screen.ErrorOccured()
Blok Program Screen.ErrorOccurred() di Kodular digunakan untuk menangani kesalahan yang terjadi saat menjalankan aplikasi. Ketika terjadi kesalahan, blok program ini akan dijalankan dan mengambil tindakan yang sesuai.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan blok program Screen.ErrorOccurred() di Kodular:

1. Buka proyek Kodular Anda.
2. Buka blok program untuk layar yang ingin Anda tambahkan blok program Screen.ErrorOccurred().
3. Cari blok program Screen.ErrorOccurred() di bagian "Screen".
4. Seret blok program Screen.ErrorOccurred() ke ruang kerja blok program.
5. Di dalam blok program Screen.ErrorOccurred(), Anda dapat menambahkan blok program lain untuk menangani kesalahan yang terjadi. Misalnya, Anda dapat menambahkan blok program Notifikasi untuk menampilkan pesan kesalahan kepada pengguna atau blok program Firebase untuk mengirim laporan kesalahan ke Firebase.
6. Setelah selesai mengatur blok program, klik tombol "Save" untuk menyimpan perubahan.

Berikut adalah contoh penggunaan blok program Screen.ErrorOccurred() di Kodular:

1. Jika terjadi kesalahan pada aplikasi, tampilkan pesan kesalahan kepada pengguna:

   ![Contoh Blok Program ErrorOccurred](https://i.imgur.com/p9V9d5C.png)

   Dalam contoh ini, ketika terjadi kesalahan, aplikasi akan menampilkan pesan kesalahan menggunakan blok program Notifikasi dengan pesan "Terjadi kesalahan saat menjalankan aplikasi".

 Contoh gambar penggunaan blok program Screen.ErrorOccurred() di dalam kodular :
2. Jika terjadi kesalahan pada aplikasi, kirim laporan kesalahan ke Firebase:

Contoh penggunaan blok Program Screen.ErrorOccurred().

   Dalam contoh ini, ketika terjadi kesalahan, aplikasi akan mengirim laporan kesalahan ke Firebase menggunakan blok program Firebase dengan pesan kesalahan dan detail kesalahan.

Anda dapat menyesuaikan blok program Screen.ErrorOccurred() sesuai dengan kebutuhan aplikasi Anda.

Kali ini, penulis membahas salah satu blok program yang terdapat di bagian Screen yakni Screen.ErrorOccurred(). Blok program ini digunakan untuk melakukan kustomisasi saat kejadian error / bug (kesalahan) baik itu program, sistem kerja, maupun siklus hidup Android di dalam screen (activity). Misalkan, ada kode error 1101 atau 1103 yang menyatakan ada kesalahan (error) pada saat melakukan akses situs website, karena tidak ada koneksi internet, atau kode error 702 yang menyatakan ada kesalahan (error) pada melakukan proses load dalam mempersiapkan musik atau lagu yang akan diputarkan di aplikasi tersebut.

Dengan adanya, blok program ini. Maka, kamu bisa menutupi tampilan error (kesalahan) bawaan pada sistem Android dengan melakukan kustomisasi tampilan tersebut. Disitulah ada 4 poin di dalam blok program tersebut yakni componentfunctionNameerrorNumber, dan message. Poin yang sering digunakan adalah errorNumber, karena cara tersebut yang paling mudah yakni mencari kode atau angka error screen.

Jadi, kamu bisa melakukan kustomisasi tampilan kesalahan (error) yang sesuai keinginan kamu, baik itu diambil berdasarkan kode kesalahan (errorNumber), pesan kesalahan (message).

Sekian. Terima kasih...
Mungkin ketidaksempurnaan kita yang membuat kita begitu sempurna satu sama lain.Cinta adalah ruang dan waktu yang diukur oleh hati.Cinta terdiri dari satu jiwa yang menghuni dua tubuh.Kamu mungkin me…

Posting Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.