Download Template Blogger Premium Gratis DOWNLOAD ❤

Pencarian Cepat šŸ’”

Cara Cek Broken Link

Hai, teman-teman! Pasti pernah dong kita mengunjungi sebuah situs web, tapi tiba-tiba kita mengklik tautan dan malah dihadapkan pada halaman yang tidak ditemukan atau pesan error. Itu nih yang disebut broken link atau tautan yang rusak. Ngeselin banget kan?


Nah, untuk menghindari kejadian itu, penting banget untuk secara rutin melakukan cek broken link. Jadi, apa sih cek broken link itu? Cek broken link adalah proses untuk memeriksa apakah semua tautan di sebuah situs web berfungsi dengan baik atau ada yang rusak. Mengapa kita harus melakukan cek broken link? Karena tautan yang rusak bisa bikin pengunjung jengkel, bisa merusak pengalaman mereka, dan bisa bikin reputasi situs web jadi jelek.


Di artikel ini, kita akan bahas cara-cara sederhana untuk melakukan cek broken link. Jadi, nggak usah khawatir lagi deh kalau ada tautan nakal yang merajalela di situs web kita. Yuk, simak tips-tips yang akan kita bagikan dan jadikan situs web kita lebih baik lagi!


Apa Itu Broken Link

Broken link atau tautan yang rusak adalah tautan atau hyperlink di dalam sebuah situs web atau halaman web yang tidak berfungsi dengan benar. Ini berarti ketika pengguna mengklik tautan tersebut, mereka akan diarahkan ke halaman yang tidak ditemukan, pesan error, atau halaman lain yang tidak relevan dengan tujuan awal tautan tersebut. Broken link dapat terjadi karena beberapa alasan, seperti perubahan URL, halaman yang dihapus, kesalahan penulisan tautan, atau kerusakan teknis lainnya. Kehadiran broken link dapat mengganggu pengalaman pengguna saat menjelajahi situs web dan dapat mempengaruhi kredibilitas dan reputasi situs tersebut.


Cara Cek Broken Link

cara cek broken link


1. Cara Cek Broken Link di Google Search Console

Google Search Console adalah sebuah alat yang sangat berguna untuk memantau dan menganalisis kinerja situs web di mesin pencari Google. Selain itu, Google Search Console juga menyediakan fitur untuk memeriksa broken link di situs web kamu. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan cek broken link menggunakan Google Search Console:


1. Akses Google Search Console

   Buka browser internet dan kunjungi situs web Google Search Console di https://search.google.com/search-console/. Login ke akun Google yang terkait dengan situs web kamu.


2. Pilih Situs Web yang Ingin Diperiksa

   Jika kamu memiliki beberapa situs web terdaftar di Google Search Console, pilih situs web yang ingin kamu periksa broken link-nya dari daftar yang tersedia.


3. Buka Menu Halaman

   Di dashboard Google Search Console, temukan dan buka menu halaman.


4. Buka Menu Di-crawn

 Buka seperti gambar di bawah ini.


5. Scroll Di Bawah Sedikit

 Setelah scroll kamu menemukan link seperti di gambar di bawah ini.


6. Buka di Browser

 Salin Link terus pergi ke browser setelah itu tempel link, cari link terus diklik link semua biar tau dimana rusaknya (Bisanya kalian tau dimana letak linknya)


Melalui Google Search Console, kamu dapat secara efektif memeriksa dan memantau broken link di situs web kamu. Dengan memperbaiki tautan yang rusak, kamu dapat meningkatkan kualitas situs web dan memastikan pengalaman pengguna yang lebih baik.


2. Menggunakan Tools Online

Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan cek broken link di BrokenLinkCheck.com:

1. Buka Browser dan Akses BrokenLinkCheck.com

   Buka browser internet dan kunjungi situs web BrokenLinkCheck.com.


2. Masukkan URL Situs Web

   Pada halaman utama BrokenLinkCheck.com, temukan kotak teks yang ditandai sebagai "Enter a URL" atau "Enter the URL of your website". Ketikkan atau salin URL situs web yang ingin kamu periksa tautan rusaknya ke dalam kotak teks tersebut.


3. Pilih Opsi "Check Links" atau "Start"

   Setelah memasukkan URL situs web, klik tombol "Check Links" atau "Start" untuk memulai proses pemeriksaan.


4. Tunggu Proses Analisis

   BrokenLinkCheck.com akan mulai menganalisis tautan di dalam situs web yang telah kamu masukkan. Tunggu beberapa saat sampai proses analisis selesai. Waktu yang dibutuhkan tergantung pada ukuran situs web dan jumlah tautan yang diperiksa.


5. Tinjau Hasil Pemeriksaan

   Setelah proses analisis selesai, BrokenLinkCheck.com akan memberikan laporan hasil pemeriksaan. Laporan tersebut akan mencantumkan tautan-tautan yang rusak atau tidak valid beserta informasi tambahan, seperti status tautan, kode respons, dan halaman tempat tautan ditemukan.


6. Perbaiki Broken Link

   Tinjau laporan hasil pemeriksaan dan identifikasi tautan-tautan yang rusak. Untuk memperbaiki tautan yang rusak, kamu perlu mengedit atau menghapus tautan tersebut di situs web kamu. Pastikan untuk menyimpan perubahan yang dilakukan.


Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat menggunakan BrokenLinkCheck.com untuk memeriksa tautan rusak di situs web kamu. Alat ini akan membantu kamu mengidentifikasi tautan yang tidak berfungsi dengan cepat sehingga kamu dapat memperbaikinya dan memastikan situs web kamu tetap dalam kondisi yang baik.

Mungkin ketidaksempurnaan kita yang membuat kita begitu sempurna satu sama lain.Cinta adalah ruang dan waktu yang diukur oleh hati.Cinta terdiri dari satu jiwa yang menghuni dua tubuh.Kamu mungkin me…

Posting Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.