Download Template Blogger Premium Gratis DOWNLOAD ❤

Pencarian Cepat šŸ’”

Cara Merakit CPU dengan Benar untuk Pemula

Cara Merakit CPU

Cara Merakit CPU dengan Benar untuk Pemula. Orang yang tau gimana cara merakit CPU dulu rata-rata cuma teknisi komputer atau orang dengan latar pendidikan teknik komputer. Meskipun sebenarnya cara merakit CPU itu sederhana dan dapat dilakukan oleh siapa saja asal tahu caranya.

Salah satunya keuntungan bila kalian bisa tau cara merakit CPU sendiri ialah bisa memperoleh komputer/PC impian dengan merakitnya sendiri. Jadi kalian dapat merakit CPU idaman kalian sendiri langsung di rumah dan lebih hemat karena bebas ongkos pemasangan.

Sebelum memasuki pembahasan cara merakit CPU komputer, kalian harus tahu tahapan-tahapan yang perlu dilakukan. Tahapan-tahapan itu meliputi:

1. Persiapan

Kalian harus menyiapkan dahulu beberapa komponen yang dibutuhkan untuk merakit CPU. Setelah komponen ada, kalian bisa langsung merakit CPU di lokasi yang lega.

2. Proses Perakitan

Proses merakit CPU komputer dilakukan dengan merakit satu-satu hardware yang dibutuhkan sehingga menjadi satu kesatuan PC yang siap dipakai.

3. Pengetesan

Seusai merakit CPU, kalian bisa coba menghidupkan dan menjalankan komputer/PC. Bila sudah bisa jalan normal atau menyala, berarti perakitan CPU kalian sukses dan demikian sebaliknya. Bila PC yang dirakit tidak dapat menyala, kamu harus mengatasi permasalahan yang terjadi.

4. Penanganan Permasalahan

Tahapan ini dilaksanakan bila PC yang dirakit mengalami permasalahan (troubleshoot). Ada beragam sebab mulai dari proses instalasi atau perakitan komponen yang kurang tepat. Maka dari itu, diperlukan penanganan lebih lanjut supaya komputer kalian dapat menyala dengan normal.

Persiapan Sebelum Merakit CPU

Sebelum masuk ke topik cara merakit cpu dengan benar, kalian harus tahu nih persiapan apa yang dibutuhkan untuk menghindari beberapa hal yang tidak diinginkan.

1. Periksa kompatibiltas antar komponen

Jangan sampai membeli prosesor, motherboard, dan RAM yang tidak sesuai, lebih baik tanyakan dahulu dengan penjual apakah kompatibilitas prosesor, motherboard, dan RAM yang kalian beli sudah sesuai.

2. Baca buku Panduan

Sebelum mempraktekkan cara merakit CPU sendiri ini kalian perlu utuk membaca dahulu buku panduan setiap komponen yang kalian beli. Luangkan waktu untuk membaca buku panduan terlebih dahulu.

3. Cari waktu yang pas

Ingat, mempraktekkan cara cara merakit CPU ini sebaiknya kalian lakukan di waktu senggang, karena bisa jadi proses merakit CPU ini bisa memakan waktu berjam-jam.

4. Persiapkan alat-alat dalam merakit CPU

Kalian harus juga mempersiapkan beberapa alat yang dibutuhkan untuk merakit CPU, dimulai dari obeng (plus dan minus), kabel tis, gelang anti-statis, dan yang lainnya.

Bagaimana cara merakit komputer dari sejak awalnya sampai akhir? Berikut ini cara merakit CPU gaming dari awal sampai akhir :

Cara Merakit CPU Secara Singkat

  • Memasangkan Processor
  • Memasangkan Heatsink (Kipas Prosesor)
  • Memasangkan Memory
  • Memasangkan Motherboard pada Casing
  • Memasangkan VGA Card
  • Memasangkan Power Supply
  • Memasangkan Kabel-kabel Motherboard
  • Memasangkan storage
  • Merapikan PC

1. Memasangkan processor

Penempatan processor pada motherboard lebih mudah untuk dilakukan jika motherboard belum dipasang pada casing. Beberapa hal yang penting diperhatikan saat memasangkan processor yakni, tentukan lebih dulu posisi ujung pin penanda.

Biasanya ada tanda pada processor pada tiap ujungnya, nantinya kalian harus meletakkan processor pada socketnya di motherboard sesuai arah pin. Angkat tuas pengunci dalam posisi tegak dan terbuka, selanjutnya letakkan processor pada soket processor yang ada di motherboard.

Setelah processor dipasang pada motherboard, maka kembalikan tuas pengunci ke bawah untuk menutup processor.

2. Memasangkan heatsink (kipas prosesor)

Cara merakit CPU setelah itu adalah memasangkan heatsink fan yang merupakan kipas yang terpasang di atas processor.

Pemasangannya lumayan gampang, kamu tinggal masukkan kaki-kakinya ke motherboard dan dikencangkan. Namun sebelum itu jangan lupa beri pasta prosesor terlebih dahulu. Tidak hanya itu heatsink diberi sebuah connector yang dihubungkan pada motherboard sebagai dayanya untuk memutar kipas.

3. Memasangkan memory


Biasanya memory yang dipakai pada CPU/PC berjenis RAM (DDR2, DDR3, DDR4 serta DDR5). Jadi kalian harus memastikan bila soket memory pada motherboard sudah sesuai.

Pemasangan memory juga cukup mudah, kalian perlu menyesuaikan cekungan yang ada di memory dengan slots pada mainboard.

4. Memasangkan motherboard pada casing

Cara merakit CPU selanjutnya adalah dengan memasangkan motherboard pada casing. Caranya dengan menentukan dahulu dudukan (mounting) motherboard pada casing.

Bila dudukan sudah terpasang, kalian membutuhkan beberapa perkakas seperti obeng untuk mengencangkan sekrupnya. Kalian harus memerhatikan letak posisi I/O shield secara benar dan harus berhati-hati serta perlahan-lahan saat memasangkannya agar motherboard tidak rusak/patah.

6. Memasangkan VGA card

Sesudah motherboard dipasang, kamu dapat memasangkan VGA Card. Penempatan VGA Card hampir serupa dengan cara memasangkan memory yakni dengan sesuaikan cekungan slots yang ada di mainboard.

Kamu dapat melihat penempatan VGA Card pada mainboard di buku panduan motherboard yang menunjukkan Slot PCIe x16

7. Memasangkan power suplai

Power suplai berada pada bagian sudut atas atau juga bawa pada bagian belakang casing. Penempatannya lumayan gampang, kamu cukup meletakkannya pada tempat (bays) power suplai yang telah disiapkan, selanjutnya kencangkan baut-bautnya dengan obeng. Posisikan supaya kipas power sulai menghadap kebawah.

8. Memasangkan kabel-kabel motherboard

Kalian dapat menghubungkan semua kabel-kabel yang ada pada power suplai ke mainboard untuk memberi daya. Baca lagi buku panduan power suplai dan motherboard.

9. Pasang Storage

Bila kabel-kabel power suplai sudah dipasang pada mainboard, kalian dapat memasangkan storage pada casing. Jangan lupa untuk menyambungkan kabel sat dan juga sata power dari power suplai.

10. Tes PC

Kalian bisa menghidupkan PC dan monitor bila tidak ada permasalahan pada dan kalian tinggal mengatur seting BIOS.

Biasanya bila ada kekeliruan langsung akan terdeteksi dan PC akan keluarkan pertanda berbentuk bunyi beep dengan suara yang teratur. Kalian dapat mengecek kembali penempatan kabel dan check status komponen-komponennya.

Bila unit pemasangan telah normal, kalian dapat melakukan seting BIOS dan instal Operating Sistem.

11. Merapikan PC

Sudah memasangkan semua kabel, connector sudah terhubung? Cara merakit CPU setelah itu dengan merapikan kabel-kabel PC. Rapikan kabel-kabel yang tidak terpakai dan tutup kembali casing PC.

Demikian artikel mengenai Cara Merakit CPU dengan Benar untuk Pemula. Semoga artikel ini bisa membantu teman-teman yang sedang belajar untuk merakit CPU gaming sendiri.

Mungkin ketidaksempurnaan kita yang membuat kita begitu sempurna satu sama lain.Cinta adalah ruang dan waktu yang diukur oleh hati.Cinta terdiri dari satu jiwa yang menghuni dua tubuh.Kamu mungkin me…

Posting Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.