Download Template Blogger Premium Gratis DOWNLOAD ❤

Pencarian Cepat šŸ’”

Cara Memasang Komputer yang Baik dan Benar untuk PC Build Up dan Rakitan

Cara Memasang Komputer yang Baik dan Benar untuk PC Build Up dan Rakitan


Cara Memasang Komputer

Cara Memasang Komputer yang Baik dan Benar untuk PC Build Up dan Rakitan. Nah, Sekarang ini kalian pasti sudah punya komputer baru. Baik itu kalian membeli komputer built up atau memesan komputer rakitan di toko komputer. Setelah komputernya sampai di rumah kalian apakah kalian bingung untuk memasang komputernya bagaimana?

Keliatannya tahapan ini sulit buat yang belum pernah sama sekali memasang komputer ya, tetapi sebetulnya lebih mudah dari yang kalian pikirkan kok! Sebagian besar cara memasang komputer baru kalian itu sama meskipun brand-nya berbeda. Paling yang beda hanyalah peletakkan dan kelengkapan port-portnya saja.

Jadi, di artikel kali ini kita mau membahas bagaimana cara memasang pc komputer yang sudah kalian beli. Kalau kalian mencari artikel cara memasang komponen komputer, kalian bisa membacanya di artikel cara merakit komputer ya….

So artikel kali ini akan berfokus di cara memasang komputer dan cpu ke layar monitor kalian saja.

Cara Memasang PC Komputer

Kalau kalian ingin memasang komputer baru yang masih dikemas dalam box seperti komputer build up ataupun komputer All In One, biasanya kalian akan mendapati buku panduan atau tutorial detail mengenai cara memasangkannya. Tetapi kalau kalian tidak mendapatkan buku panduan itu, maka kalian bisa mempelajarinya secara mudah di tutorial Sinau PC ini.

Langkah Pertama


Caranya diawali dengan mengeluarkan monitor dan casing komputer kalian dari box pembelian kalau kalian beli pc build up. Lepas semua penutup plastik atau pita perekat pelindung. Tempatkan monitor dan casing komputer di atas meja.

Kalau kalian juga sudah punya meja komputer, kalian bisa baca artikel cara memasang meja komputer.

Yakinkan casing komputer sudah ditempatkan pada tempat yang mempunyai sirkulasi udara yang bagus. Ini akan menahan komputer overheat (panas terlalu berlebih). Sebaiknya jangan ditaruh di tempat yang tertutup, akan lebih baik ditaruh saja diatas meja.

Langkah Kedua

Siapkan kabel monitor. Ada beberapa macam kabel monitor, seperti kabel HDMI, display port, DVI, D-Sub, VGA dan lain-lain. Sesuaikan dengan komputer dan monitor kalian.

Hubungkan salah satu ujung kabel monitor ke port monitor yang ada di belakang casing komputer dan ujung yang lain ke monitor. Bila Anda memakai kabel VGA, maka kalian perlu mengencangkan skrup pada kabelnya.

Banyak kabel komputer yang membutuhkan cara pemasangan tertentu. Bila kabel tidak bisa atau sulit dicolok, maka seharusnya kalian jangan memaksa untuk mencolokkannya karena bisa menghancurkan lubang port nya. Yakinkan posisi port dan kabel sudah benar, lalu kalian bisa coba mencoloknya.

Langkah Ketiga

Selanjutnya, kalian bisa memasang keyboard. Tetapi sebelumnya kalian pastikan apa colokan keyboard itu memakai USB atau PS/2. Bila keyboard kalian memakai connector USB, maka colokkan connector tersebut ke salah satu port USB yang ada di belakang komputer. Bila keyboard kalian memakai connector PS/2, maka colokkan connector pada port warna ungu yang ada di belakang komputer.

Selanjutnya adalah cara memasang mouse dan saat sebelum melakukan yakinkan dulu apa konektornya memakai USB atau PS/2. Bila memakai connector USB, maka colokkan connector ke salah satu port USB yang ada di belakang komputer. Bila memakai connector PS/2, maka colokkan connector ke port warna hijau yang ada di belakang komputer.

Bila kalian memakai mouse atau keyboard nirkabel (wireless), maka kalian harus menyambungkan dongle Bluetooth/wifi (adaptor USB) ke komputer kalian.

Langkah Keempat

Bila kalian mempunyai speaker atau headphone external, kalian bisa menyambungkannya lewat port audio (berada di depan atau belakang casing komputer). Banyak komputer mempunyai port dengan warna tertentu. Speaker atau headphone tersambung ke port warna hijau, dan mikrofon tersambung ke port warna merah muda. Port warna biru adalah port line in, yang bisa dipakai untuk beberapa perangkat tertentu.

Beberapa macam speaker, headphone, dan mikrofon mempunyai connector USB. Connector ini bisa disambungkan ke semua port USB.

Langkah Kelima

Cari kabel daya listrik yang telah termasuk saat kalian membeli komputer build up. Atau cari kabel daya power suplai kalau kalian membeli komputer rakitan. Lalu pasangkan kabel daya tersebut ke colokkan power supay yang ada di belakang casing komputer kalian.

Kalian juga bisa memakai UPS untuk sumber daya listrik sementara saat sumber daya listrik utama dari PLN padam sehingga kalian bisa menyimpan terlebih dahulu pekerjaan kalian sebelum mematikan komputer kalian dengan aman.

Cara paling akhir ialah menyambungkan kabel daya komputer dan monitor ke stopkontak. Tekan tombol saklar on/off pada power suplai komputer kalian bila ada.

Bila kalian mempunyai printer, scanner, webcam, atau perangkat yang lain, maka kalian bisa menyambungkannya di tahapan ini. Banyak peripheral yang sifatnya plug and play, yang dapat langsung dihubungkan tanpa perlu menginstall berbagai software pendukungnya lagi.

Demikianlah artikel mengenai Cara Memasang Komputer yang Baik dan Benar untuk PC Build Up dan Rakitan. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat temen-temen semuanya.

Mungkin ketidaksempurnaan kita yang membuat kita begitu sempurna satu sama lain.Cinta adalah ruang dan waktu yang diukur oleh hati.Cinta terdiri dari satu jiwa yang menghuni dua tubuh.Kamu mungkin me…

Posting Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.