Download Template Blogger Premium Gratis DOWNLOAD ❤

Pencarian Cepat šŸ’”

Adu Chipset Exynos 1380 vs Snapdragon 778G, Mana yang Lebih Unggul?


Chipset ini diklaim akan disematkan pada beberapa produk Mid-Range buatan perusahaan asal Korea Selatan tersebut.

Kehadiran Samsung Exynos 1380 ini juga menjadi pesaing yang cukup berat dari chipset Qualcomm Snapdragon 778G.

Banyak pecinta smartphone kemudian membandingkan dua chipset kelas mid-range berikut ini. Tenang saja, Hitekno.com telah merangkum informasinya khusus buat kamu.

Chipset Exynos 1380

Samsung Exynos 1380 adalah chipset 5nm dengan empat inti CPU ARM Cortex-A78 dengan clock 2,4GHz, empat inti CPU ARM Cortex-A55 dengan clock 2GHz, dan GPU MP5 Mali-G68 dengan clock 950MHz. 

Chipset ini dapat meningkatkan tampilan layar smartphone menjadi Full HD + pada kecepatan refresh 144Hz.Ini kompatibel dengan chip DRAM LPDDR4x dan LPDDR5 dan penyimpanan UFS 3.1.

Pada sektor kamera

Triple ISP terintegrasinya dapat menangani sensor kamera hingga 200MP dengan resolusi 64MP dengan zero shutter lag. 

NPU di dalam chip Exynos baru ini dapat menghitung hingga 4,9TOPS (Trillion Operations Per Second), sedikit lebih tinggi dari Exynos 1280.

ISP juga mendukung perekaman video 4K 30fps dengan EIS. Ini mendukung HDR dan pengenalan objek waktu nyata untuk meningkatkan kinerja kamera.

Pada sektor jaringan

Modem 5G internal mendukung jaringan mmWave dan sub-6GHz, mencapai kecepatan unduh puncak hingga 3,67Gbps dan kecepatan unggah hingga 1,28Gbps.Ada dukungan untuk BeiDou, Galileo, GLONASS, GPS, Wi-Fi 6, Bluetooth 5.2, NFC, dan port USB Type-C. 

Performa

Untuk para gamer yang tidak pernah membiarkan jalan menghalangi, Exynos 1380 berisi GPU Arm Mali-G68 untuk grafis yang kuat dan pengalaman bermain game 3D. 

Samsung juga menyatakan GPU di dalam prosesor telah diberikan dukungan API tambahan untuk "jenis pengalaman gameplay baru berdasarkan augmented reality." 

Snapdragon 778G 

Snapdragon 778G mengemas Mesin Kecerdasan Buatan (AI) Generasi ke-6 Qualcomm bersama dengan prosesor Hexagon 770, memungkinkan chip tersebut menghadirkan kinerja hingga 12 TOP, menggandakan kinerja pendahulunya. 

Hal ini memungkinkan peningkatan AI di seluruh panggilan telepon dan video dengan fitur termasuk peredam bising berbasis AI dan pengalaman kamera berbasis AI yang lebih baik. 

Pada sektor kamera

Platform ini menampilkan Qualcomm Spectra 570L Triple ISP, yang memungkinkannya mengambil tiga foto atau video secara bersamaan dengan satu tombol. 

Ini berarti pengguna dapat menangkap dari lensa lebar, ultra lebar, dan zoom pada smartphone mereka secara bersamaan dan menggabungkannya menjadi satu video berkualitas tinggi. 

Kamera ini juga mendukung perekaman video 4K, HDR10+ dalam lebih dari satu miliar corak warna, serta perekaman HDR komputasional, yang menghasilkan peningkatan besar dalam warna, kontras, dan detail dalam video Anda. 

Performa

Qualcomm Snapdragon 778G juga menjanjikan peningkatan besar bagi para gamer, yang dapat menantikan peningkatan kinerja 40% yang diklaim baik di CPU dan GPU.

Platform ini menyertakan dua fitur game baru – Variable Rate Shading (VRS) dan Qualcomm Game Quick Touch. VRS memungkinkan pengembang untuk memprioritaskan bayangan untuk pemandangan yang terlihat, sambil mengabaikan kualitas visual untuk objek yang kurang penting, seperti jalan saat kecepatan Anda melewati mobil motorsport.

Teknik ini mengurangi beban kerja GPU dan mengurangi konsumsi daya, sementara Game Quick Touch mengurangi latensi sentuh hingga 20%. 

Terakhir, Snapdragon 778G mendukung mmWave dan sub-6 5G, serta kecepatan Wi-Fi 6 multi-gigabit dan Bluetooth 5.2. 

Kesimpulan

Keunggulan Samsung Exynos 1380

  • Frekuensi GPU lebih tinggi  
  • Diumumkan 1 tahun dan 10 bulan kemudian
  • Memiliki ukuran transistor yang lebih kecil (5 versus 6 nm)

Keunggulan Qualcomm Snapdragon 778G

  • Pengembang lebih sering mengoptimalkan game untuk prosesor Snapdragon daripada untuk Exynos
  • Arsitektur set instruksi yang lebih baik

Itulah perbandingan antara chipset Exynos 1380 vs Snapdragon 778G yang mungkin sedang kamu cari.

Mungkin ketidaksempurnaan kita yang membuat kita begitu sempurna satu sama lain.Cinta adalah ruang dan waktu yang diukur oleh hati.Cinta terdiri dari satu jiwa yang menghuni dua tubuh.Kamu mungkin me…

Posting Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.