Download Aplikasi Pemulihan File Penting DOWNLOAD ❤

Pencarian Cepat 💡

Pilih Server HCI


Hyper Converged Infrastructure (HCI) adalah penggabungan infrastruktur data center seperti penyimpanan,virtualisasi dan jaringan dalam satu perangkat atau server. Seluruh sumber daya dalam server seperti CPU, RAM dan Storage dapat diatur sesuai dengan kebutuhan dari aplikasi.

HCI hadir untuk menggantikan kompleksitas konfigurasi server tradisional. HCI umumnya sudah terintegrasi dengan perangkat lunak virtualisasi sehingga memudahkan dalam membuat konfigurasi server sesuai kebutuhan. Sebelumnya, instansi pemerintah atau organisasi yang mengelola aplikasi membeli sebuah server kemudian dikonfigurasi agar bisa diakses publik. Atau bisa juga dengan sewa hosting atau Virtual Private Server (VPS) pada penyedia jasa hosting.

Keterbatasan dari mengkonfigurasi server sendiri adalah sulitnya mengelola kebutuhan resources server sesuai dengan kebutuhan dari aplikasi. Sementara kekurangan dari dari sewa hosting adalah masalah keamanan data dari aplikasi.

Untuk mengatasi keterbatasan tersebut maka muncul layanan komputasi berbasis cloud seperti Amazon Web Service (AWS), Alibaba Cloud, Google Cloud dan lain – lain. Solusi dari layanan cloud ini adalah kemudah konfigurasi server sesuai kebutuhan. Namun masalah keamanan data masih diragukan karena kita tidak tahu lokasi fisik dari server cloud tersebut.

Solusi selanjutanya adalah membuat private cloud sendiri, yaitu dengan membeli server kemudian diinstall perangkat lunak virtualisasi lalu baru diinstall sistem operasi sesuai dengan kebutuhan aplikasi.

Proses instalasi virtualisasi dari jaringan yang kompleks menjadi masalah tersendiri bagi instan pengelola server atau data center yang memiliki sumber daya manusia yang terbatas. Karena hal itu ada solusi server virtualisasi yang bisa dikonfigurasi dengan dengan singkat.

Ini adalah produk server HCI :

  1. Nutanix
  2. Sangfor
  3. HPE Simplivity
  4. Cisco HyperFlex

Posting Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.