Download Template Blogger Premium Gratis DOWNLOAD ❤

Pencarian Cepat šŸ’”

Postingan

Jangan Tak Suka Iklan, Berkatnya Informasi Jadi Gratis

Jangan tak suka iklan yang muncul di media apa pun. Berkatnya, informasi yang disajikan di media tersebut jadi gratis!

Anda buka situs berita, gratis! Informasinya gratis. Anda tonton televisi atau dengarkan radio. Informasi dan hiburan yang disajikannya gratis, berkat iklan! Jadi, jangan tak suka iklan.

Lagi pula, iklan juga termasuk informasi. Iklan berisi info tentang produk atau jasa. Iklan juga tidak memaksa Anda untuk beli ‘kan?

Iklan adalah sumber utama penghasilan media untuk biaya operasional, terutama gaji wartawan. Berkat iklan, wartawan meliput peristiwa dan melaporkannya melalui media.

Iklan Google

Saat ini iklan di internet didominasi oleh Iklan Google ( AdSense). Google Support mengatakan, Banyak situs memerlukan iklan agar dapat memberikan layanan atau informasi gratis. Iklan juga membantu membuat banyak layanan Google dapat diakses secara gratis.

Iklan yang ditampilkan Google itu legal dan dapat dipertaggungjawabkan. Google mewajibkan semua pengiklan menyelesaikan proses verifikasi identitas. Proses ini mengharuskan pengiklan memberikan dokumentasi hukum beserta nama dan lokasi mereka.

Sebagai jaringan iklan, Google menghubungkan:

  • Orang yang memiliki situs dengan ruang iklan
  • Orang yang ingin mempromosikan produk
  • Orang yang memiliki minat terhadap suatu produk

Google tidak menjual informasi pribadi Anda kepada siapa pun, dan tidak mengizinkan siapa pun membaca email Anda untuk menampilkan iklan kepada Anda.

Mengapa Tak Suka Iklan?

Forbes menguraikan hasil survei yang menyebutkan 7 alasan orang tak suka iklan. Di antaranya, iklan tidak dipercaya.

Fakta yang mengejutkan adalah, 96% orang tidak percaya bahwa iklan itu jujur, menurut Majalah Inc. Konsumen tidak mempercayai iklan, dan orang tidak dapat menyalahkan mereka.

Gallup melakukan survei dengan menanyakan kepada orang-orang bagaimana mereka akan menilai standar kejujuran dan etika pekerja di 21 profesi yang berbeda.

Perawat mendapat peringkat teratas, dengan 85%, sementara praktisi periklanan berada di urutan keempat dari bawah dengan peringkat persetujuan 10%, sedikit di depan penjual mobil, telemarketer, dan politisi.

Menurut survei Statista baru-baru ini, mayoritas orang, 51% responden, mengatakan bahwa mereka merasa terganggu dengan iklan yang tidak relevan bagi mereka, sementara 15% mengatakan tidak masalah.

Konsumen benar-benar menginginkan iklan yang bermanfaat dan RTB yang jelas dan relevan, dengan kata lain, sesuatu yang dapat mereka lakukan.

Berkat Iklan Informasi Jadi Gratis!

Kembali ke judul, jangan benci iklan. Berkat iklan informasi jadi gratis. Iklan yang membiaya para content creator berkarya – wartawan, penulis, blogger, Youtuber, vlogger, dll.

Ikan adalah informasi berupa teks, gambar, audio, atau video yang berisi dorongan. Iklan membujuk orang agar tertarik pada produk/barang atau jasa/layanan  yang ditawarkan.

Pengertian iklan ada dua. Pertama, iklan adalah berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik dengan barang dan jasa yang ditawarkan. Kedua, mengiklankan adalah memperkenalkan sesuatu kepada umum melalui iklan. (KBBI)

Secara teknis, tidak ada informasi yang gratis karena seseorang –terutama wartawan– harus berkorban waktu dan uang (misalnya transportasi) untuk membuatnya.

“Orang sering melupakan konsep ini tentang informasi online,” jelas laman Coursehero.

Berikut adalah beberapa contoh informasi online “gratis”:

  • Situs web pemerintah —Dibayar dengan pajak
  • Blog dengan resep sehat —Dibayar oleh pembuatnya
  • Penelitian federal — Dibayar oleh pajak
  • Koleksi Perpustakaan —Dibayar dengan pajak dan biaya kuliah.

Situs online terkadang dibuat gratis untuk Anda dengan menyertakan iklan. Informasi tersedia untuk Anda, tetapi Anda mengalami “gangguan komersial”.

Contoh informasi yang bebas biaya tetapi dikomersialkan adalah sebagai berikut:

  • YouTube —Didanai oleh iklan
  • Facebook/Twitter—Didanai oleh iklan
  • Agregator Berita (mis., Huffington Post; Google News)—Didanai oleh iklan.

Jika Anda memasang pemblokir iklan (adblocker) di browser, lepas sekarang juga! Nonaktifkan. Lagi pula, iklan informasi juga! Siapa tahu Anda juga membutuhkan produk/jasa yang ditawarkan dalam iklan itu.

Di sisi lain, para desainer iklan terus bekerja keras guna menyajikan iklan yang menarik dan tidak mengganggu.

Sekali lagi, informasi di internet gratis untuk Anda. Tapi jangan benci iklan karena berkat iklanlah informasi itu gratis. Be fair, okay? Wasalam.

 

Mungkin ketidaksempurnaan kita yang membuat kita begitu sempurna satu sama lain.Cinta adalah ruang dan waktu yang diukur oleh hati.Cinta terdiri dari satu jiwa yang menghuni dua tubuh.Kamu mungkin me…

Posting Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.