Download Template Blogger Premium Gratis DOWNLOAD ❤

Pencarian Cepat šŸ’”

Cat Command Linux: Cara Kerja & Contoh Penggunaannya

Command cat adalah salah satu perintah Linux yang wajib Anda pelajari. Namanya diambil dari kata ‘Concatenate’, yang berfungsi untuk membuat, menggabungkan, atau menampilkan file di layar output standar atau ke file lain, dan banyak lagi.

Anda tidak perlu menginstall apa pun karena command ini sudah disertakan secara default dengan package coreutils pada sistem berbasis Debian atau Red Hat.


Nah, di tutorial ini, kami akan membahas cara menggunakan cat command Linux beserta fitur-fiturnya. Yuk, langsung mulai saja!

Syntax Cat Command

Sebelum mulai menggunakan command ini, Anda perlu login ke VPS dulu menggunakan SSH. Setelah itu Anda bisa mulai mempelajari syntax dasarnya. Command ini menggunakan nama file sebagai argumen beserta opsi untuk menentukan operasi tertentu.

cat [OPSI] [FILE]

Untuk melihat opsi apa saja yang tersedia, ketik cat -help di terminal.

Membuat File dengan Cat Command

Dengan perintah cat di Linux, Anda bisa membuat file dan menambahkan teks ke dalamnya. Lakukan dengan menggunakan operator redirect > untuk mengarahkan teks ke dalam file.

cat > namafile.txt

Setelah itu file akan dibuat, dan Anda bisa mulai mengisinya dengan teks. Untuk menambahkan beberapa baris teks, tekan tombol Enter di akhir setiap baris. Kemudian, tekan tombol CTRL + D untuk keluar dari file.

Untuk memastikan bahwa file dibuat dengan command di atas, cukup gunakan command ls di terminal seperti di bawah ini:

ls -l

Melihat Isi File dengan Cat Linux

Di bawah ini merupakan salah satu penggunaan cat command Linux yang paling umum. Tanpa penggunaan opsi apa pun, command ini akan membaca isi file dan menampilkannya di konsol.

cat namafile.txt

Agar isi file yang ditampilkan tidak terlalu panjang, Anda bisa menambahkan opsi | more. Dengan opsi ini, Anda bisa menampilkan isi file secara lebih singkat, tapi bisa memilih untuk melihat lebih banyak konten.

cat namafile.txt | more

Atau, Anda bisa menampilkan isi dari beberapa file sekaligus. Sebagai contoh, untuk menampilkan isi dari semua file berformat teks (.txt), ketik command berikut di terminal:

cat *.txt

Mengalihkan (Redirect) Isi File dengan Command Cat

Daripada menampilkan isi dari satu file saja di konsol, Anda bisa mengarahkan outputnya ke file lain menggunakan opsi >. Baris perintahnya akan seperti ini:

cat sumber.txt > tujuan.txt

Kalau file tujuan tidak ditemukan, command ini akan membuat file baru dengan nama tersebut, atau menimpa file lain yang namanya sama kalau ada.

Untuk menambahkan input pada isi file tujuan, gunakan opsi >> beserta cat command:

cat source.txt >> destination.txt

Menggabungkan File dengan Perintah Cat

Perintah Cat juga bisa menggabungkan beberapa file menjadi satu. Pada dasarnya, cara kerja command ini sama seperti fitur redirect di atas, tapi dengan menambahkan lebih dari satu file sumber.

cat sumber1.txt sumber2.txt > tujuan.txt

Command di atas juga akan membuat file tujuan baru kalau belum ada, atau menimpa file yang namanya sama apabila sudah ada.

Menyoroti Bagian Akhir Baris dengan Command Cat

Fungsi lain dari cat command adalah menandai bagian akhir baris dengan menampilkan karakter $ di akhir setiap baris. Untuk melakukannya, gunakan opsi -E beserta cat command:

cat -E namafile.txt

Menampilkan Nomor Baris Menggunakan Perintah Cat

Dengan menggunakan perintah ini, Anda bisa menampilkan isi file beserta nomor barisnya di bagian awal baris. Untuk menggunakan fitur ini, tambahkan opsi -n dengan cat command:

cat -n namafile.txt

Menampilkan Karakter Non-Printable dengan Command Cat

Untuk menampilkan semua karakter non-printable, gunakan opsi -v bersama cat command seperti contoh berikut:

cat -v namafile.txt

Untuk menampilkan karakter tab saja, gunakan opsi -T:

cat -T namafile.txt

Karakter tab akan ditampilkan sebagai ^I

Menyembunyikan Baris Kosong dengan Cat Command

Untuk menyembunyikan baris kosong dan menghemat ruang tampilan, gunakan opsi -s. Perlu diingat bahwa opsi ini akan menyisakan satu baris kosong dan hanya menghapus baris kosong berulang. Perintahnya akan seperti ini:

cat -s filename.txt

Memberi Nomor pada Baris Tidak Kosong dengan Cat

Untuk menampilkan baris yang tidak kosong beserta nomor barisnya di bagian awal, gunakan opsi -b. Ingat, opsi -b akan menimpa opsi -n:

cat -b namafile.txt

Menampilkan File dalam Urutan Terbalik dengan Cat

Untuk menampilkan isi file dalam urutan terbalik, yaitu dimulai dari baris terakhir dan diakhiri dengan baris pertama, gunakan command tac yang merupakan kebalikan dari cat:

tac namafile.txt

Kesimpulan

Nah, sekarang Anda sudah tahu semua fitur dan fungsi command cat Linux. Setelah memahami cara kerja dan penggunaannya, Anda pun kini bisa menggunakannya untuk berbagai tugas.

Apabila masih ingin mempelajari cat command lebih lanjut, lihat panduan penggunaannya menggunakan perintah man cat !.

Semoga artikel ini bisa membantu Anda meningkatkan skill dasar seputar penggunaan Terminal Linux. Sampai jumpa di artikel lainnya!

Mungkin ketidaksempurnaan kita yang membuat kita begitu sempurna satu sama lain.Cinta adalah ruang dan waktu yang diukur oleh hati.Cinta terdiri dari satu jiwa yang menghuni dua tubuh.Kamu mungkin me…

Posting Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.