Download Template Blogger Premium Gratis DOWNLOAD ❤

Pencarian Cepat 💡

Kapankah Jaringan 5G Merata Di Indonesia?

Indonesia Siap 5G

Seperti yang kita tahu bahwa kabar tentang teknologi jaringan 5G di Indonesia sedang menjadi perbincangan hangat dikalangan masyarakat saat ini. namun informasi letak lokasi yang terdapat jangkauan jaringan 5G ini masih simpang siur. faktanya Jaringan 5G telah hadir resmi di Indonesia sejak bulan Mei 2021.

Kominfo telah memberikan izin akses jaringan 5G untuk beroprasi di Indonesia sejak tahun 2021. namun demikian, hanya lokasi-lokasi tertentu saja yang dapat menikmati teknologi jaringan 5G ini. Menurut info, diketahui lokasi 5G tahap awal saat ini sudah tersedia di kota Jabodetabek, Denpasar, Bandung, Batam, Makasar, Surakarta, Surabaya, Balikpapan, Medan, Semarang, dan Bandung.

Mengapa jaringan 5G masih belum merata di Indonesia?

Indonesia masih memiliki banyak tantangan dalam hal teknologi. sangatlah beda dengan negara-negara di eropa dan barat. namun pemerintah akan mengupayakan yang terbaik untuk kemajuan teknologi di Indonesia ini.

Dilansir dari Murianews, Marfani, seorang VP Network Architecture and Design dari Telkomsel menjelaskan tantangan Indonesia dalam mengembangkan teknologi 5G ini.

“Ketersediaan frekuensi 5G masih 2,3GHz maksimal dengan kecepatan 30-40MGhz yang masih terbatas. Idealnya itu harus 60 MGhz ke atas di Indonesia. Memang semua harus diputuskan untuk memulai di private network atau publik dan hal ini banyak faktor yang akan menentukan,” terangnya.

“Tantangan meliputi ketersediaan jalan, pemanfaatan solar sistem, keterbatasan infrastruktur jalan, transmisi, dan sebagainya. Walau bagaimana pun tantangan selalu ada ditambah ada secara biaya dan juga dari sisi bisnisnya,” ujarnya.

Diketahui Telkomsel merupakan salah satu provider yang sudah menyediakan layanan 5G dengan 30 lokasi di Indonesia saat ini.

Lalu kapan jaringan 5G ini akan merata di seluruh Indonesia?

Kabar baiknya kini pemerintah sedang mengambangkan teknologi ini agar dapat merata di Indonesia. pemerintah merilis penyebaran jaringan 5G ini secara bertahap, mulai 2023 dan ditargetkan akan merata di Indonesia ditahun 2025.

Direktur Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Ismail mengharapkan implementasi jaringan telekomunikasi 5G akan merata pada 2025 mendatang. Kurang lebih tiga tahun lagi dari sekarang.

Posting Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.