Download Template Blogger Premium Gratis DOWNLOAD ❤

Pencarian Cepat 💡

TNBB Taman Nasional Bali Barat Surganya Para Flora danFauna

Taman nasional Bali barat merupakan obyek wisata yang cukup di gemari oleh para wisatawan yang berletak di bagian barat bali, dengan luas hingga 19.00

TNBB Taman nasional Bali barat merupakan obyek wisata yang cukup di gemari oleh para wisatawan yang berletak di bagian barat bali, dengan luas hingga 19.002,89Ha, yang terbagi dari 3 kawasan seperti perairan yang luasnya 3.415Ha,kemudian areal terestrial yang seluasnya hingga 15.587,89Ha,yang dijadikan kwasan konservasi dan taman nasional bali barat di kelola dengan tujuan untuk sebagi berikut;

1. Dengan memanfaatkan sumber daya alam yang lestari beserta ekosistem yang terdapat di dalamnya yang di manfaatkan sebagai;

  • Di pergunakan untuk para peneliti pengembangan ilmu dan teknologi.
  • Di pergunakan sebagai lahan guna memberi pendidikan teruntuk masyarakat sekitar.
  • Guna menunjang pelestarian sumber daya alam, flora fauna, dan memastikan kebutuhan pokoknya.
  • Di pergunakan sebagai tempat penunjang wisatawan dengan zona kusus.

2. Dengan tujuan melindungin flora fauna dari ganguan manusia dengan mengkususkan lahan bagi habitat flora fauna dan manusia dan juga bertujuan melestarikan dan pengembang biakan.

3. Melindungi exosistem yang terdapat di dalamnya seperti ekosistem hutanmangrove, pantai, daratan rendah/tinggi, jalak bali beserta lainnya yang terdapat di areal TNBB.


Bali BARAT
image credit by @bali.barat.wisatawan


Di bagian tengah taman nasional terdapat sisa-sisa dari gunung berapi yag terdapat di zaman pleistocene, dan terdiri dari beberapa habitat yg biasa terdapat di dalam hutan atau sabana. Terdapat 160 spesies tumbuhan maupu hewan yg di perkirakan di kelola langsung oleh pihat TNBB dan tentunya di lindungi,jadi jangan pernah datang ke taman ini dengan tujuan berburu ataupun menebang pohon.Contohnya hewa banteng, kalong, lutung, rusa, dan masih banyak aneka-aneka burung yang dilindungi.


Dan sejarah dari taman nasional cukup panjang hingga bisa di jadikan tempat rekresi seperti sekarang ini berituk rangkumannya;

  1. pembentukan dari taman nasional bali barat bermulai pada tahun 1947, melalui keputusan dari dewan raja-raja Bali pada nomor E/1/4/7/47 yang betepatan dengan tangga 13 agustus 1947, di tetapkan taman nasional sebagai taman untuk melindungi alam bali mencakup sampai kawasan banyuwdang yan luasnya hingga 19.365,8 hektar.
  2. Dan kemudian pada tahun 1970 dikeluarkan surat sebagaemana yang isinya menyebutkan bahwa burung jalak bali dalam status burung yang harus di lindungi. surat tersebut di resmi di keluarkan oleh  mentri pertanian no. 4/ktps/um/8/1970.
  3. Pada tahun 1982 saat di adakannya kongres taman nasional sedunia di selenggarakan saat itu bertepatan bahwa taman nasional bali barat sah diresmikan sebagaimana mestinya keputusan ini sangat sejalan dengan keputusan menteri pertanian no.736/menteri/x/1982.
  4. Di dalam surat peresmian tersebut berisi bahwa lahan yang luasnya hingga mencapai 77.727. Dimana yang mencakup lahan cagar alam yang luasnya 2.250hektar, Margasatwa yang luasnya hingga 19.558,5hektar, dan hutan lindung yang luasnya hingga 55.312,5hektar, dan yang terakhir wilayah perairan yang luasnya hingga 6.280hektar. dengan di sahkan taman bagian bali barat di nobatkan sebagai Taman Nasional Bali Barat. 
  5. Dan pada tanggal 15/09/1995 menteri kehutanan dan sah mengeluarkan surat keputusan yang isinya bahwa taman nasional bari barat statusnya yang di kukuhkan dengan luas 19.002,89hektar.

Jika kita ukur secara seksama bahwasannya lokasi Taman nasional bali barat berada tepat di kawasan kabupaten jembrana dan juga sekaligus kabupaten buleleng. Dan juga Jika anda ingin menuju ke destinasi taman nasional bali bagian barat ini dengan waktu 3 jam anda bisa sampai di tujuan dengan titik keberangkatan dari Denpasar. Banyak rute yang bisa anda jadikan alternatif, alangkah baiknya serahkan kepada supir travel atau transportasi umun yang anda gunakan. Agar tidak memakan waktu lama atau besar kemungkinannya terserat ke daerah yang lain.

Dengan potensi yang dimiliki oleh Taman nasional bali barat sangat cukup untuk menari para wisatawan untuk datang ke obyek wisata yang satu ini. Ciri khas yang menjadi primadona di taman ini ialah jalan bali yang keberadaannya sangat langka, dan mungkin saja sudah tidak bisa ditemukan di alam liar karna perburuan oleh para manusia tidak bertanggung jawab.

Dengan lokasi yang sangat setrategis dan fasilitas yang sudah sangat cukup memadai menjadikan taman wisata nasionan bali barat ini sangat cocok di jadikan tempat tujuan untuk menhabiskan liburan. Satu hal wajib anda ketahui adalah jam buka dan harga ticket obyek wisata yang satu ini. Jam buka dari tama nasional bali barat ini adalah pada pukul 08:00 dan jam tutupnya pada pukul 18:00wita. Dan harga ticket berkisaran 2.500Rp per orang untuk wisdom, 20.000Rp per orang untuk domesti Namun yang harus anda ketahui adalah harga ticket sewaktu waktu bisa saja mengalami kenaikan harga. 

Jika anda ingin mengetahui seputar informasi terbaru anda bisa saja langsung menghubungi contack di bawah ini;

  • Tlpn : (0365) 61060/61173.
  • Hp :  0812 384 7237
  • Fax : (0365) 61060

Anda bisa langsung menghubungi contack di atas jika ingin megetahui status ataupun hara terbaru.

Tidak hanya itu pesona yang dimiliki oleh taman nasional ini akan tetapi di dekat dari taman mini ataupun masih di areal taman masih ada banyak tempat-tempat yang bisa anda kunjungi untuk menikmati keindahannya sebagai berikut:

1. Pulau menjangan.

Pulau ini merupakan tempat yang cukup populer di kalangan para wisawatan, bahwasannya anda bisa melakukan banyak aktifitas di destinasi wisata yang mempesona ini seperti halnya menyelam, berenang, atau menikmati menaiki perahu sembari menikmati keindahan air nya bening.

2. Penangkaran Jalak Bali.

penangkaran burung jalak bali ini sangat patut kita apresiasi bahwasannya habitat aslinya mungkin sudah tidak bisa kita temukan. Oleh karna itu jika anda ingin melihat kecantikan burung jalak bali, anda bisa datang   ke penangkaran ini.

3. Pantai karang sewu.

Pantai yang satu ini sangat wajib untuk anda kunjungi apalagi bagi anda yang ingin duduk bersantai dengan spots yang teduh dan di kelilingin pemandangan hutan mangrove tentu saja akan membuat anda menyesal jika melewatkan pantai yang satu ini.

4. Teluk terima.

Jika anda sangat menngemarim aktifitas menyelam berenang dan snorkeling teluk berumbun ylah jawaban yang kalian dapatkan. obyek satu ini memiliki banyak keindahan alam bawah laut yang bisa anda saksikan ketika melakukan aktifitas snorkeling. Oleh karna itu teluk terima sangan saya rekomendasikan.

5. Teluk berumbun.

Teluk ini tidak sama dengan teluk terima. Bahwasannya teluk berumbun adalah spot yang sangat untuk melihat langsung burung jalak yang terbang bebas di areal tersebut, dan ada juga burung yg cukup jinak yang berada di tepi teluk berumbun. sembari jalan-jalan di peisir pantai kamu akan di sapa oleh burung jalak yang cantik-cantik.

6. Sumber mata air panas

Dikala anda merasa kelelahan anda bisa mampir ke kolam smber air panas ini, sumber air panas ini memiliki kandungan belerang yang sangatampuh untuk kebugaran tubuh anda.

7. Candi Taman sari dan pura.

Pura taman ini memiliki keindahan yang cukup exotis, dan juga di areal candi dan pura ini terdapat makam jayaprana beserta layon sari yang tempatnya tepat berada di atas bukit gilimanuk.

8. Landscape dan pulau.

di areal ini anda bisa menyaksikan langsung rusa rusa yang terdapat di taman ini ,pasalnya dengan ketinggian 400meter anda bisa menikmati pemandangan pemandangan areal sekitar yang sangat indah.

Oleh karena itu jangan bingung lagi dan lasung datang ke obyek wisata yang satu ini, tentunya tidak akan membuat anda kecewa.

Posting Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.