Download Template Blogger Premium Gratis DOWNLOAD ❤

Pencarian Cepat 💡

Air terjun tumpak sewu di Lumajang

Air terjun tumpak sewu yang belom banyak di ketahui oleh para wisatan ini letaknya berada di malang tepat dengan perbatasan lumajang, Jawa timur.

Air terjun tumpak sewu yang belom banyak di ketahui oleh para wisatan ini letaknya berada di malang tepat dengan perbatasan lumajang, Jawa timur. Berada tepat pada dua desa yaitu desa sidomulyo, kecamatan pronojiwo, kabupaten lumajang dan desa sidorenggo, kecamatan ampel gading, kabupaten malang, provinsi jawa timur, Indonesia.

Air terjun ini yang di kenal juga dengan nama Coban Sewu memiliki ketinggian hingga 120m dengan aliran air yang membentuk seperti tirai dengan tipe air terjun Tiered. keberadaan air terjun tumpak sewu berada tepat di dalam lembah dengan diameter memanjang hingga 500m di atas permukaan air laut dengan hulu gunung semeru.


Jika anda berwisata ke air terjun ini anda akan menyaksikan mata air terjun tidak hanya dua atau tiga mata air terjun melainkan anda bisa melihat beberapa mata air yang mengalir menjadi air tejun dan bertumpuk tumpuk, oleh sebab ini lah nama tempati disebut dengan air terjun tumpak sewu.


Dengan mata air yang terbilang banyak dan mengalir bertumpuk tumpuk ke sisi tebing yang ketinggiannya hingga 120m, air terjun ini akan terlihat seperti halnya tirai putih yang besar menutupi tebing-tebing bebatuan. Para wisatawan yang sudah pernah berkunjung ke lokasi air terjun ini mengatakan bahwasannya air terjun tumpak sewu menjadi air terjun terindah di pulau jawa.



lumajang
image credit by @_abdrrzq

Sejarah air terjun tumpak sewu


Adapun sejarah bagaimana awal mula sehingga air terjun tira air raksasa yang awalnya tidak ada yang mengetahui namun sekarang sudah banyak diketahui oleh kalangan wisatawan.


Yang berawal dari seorang warga bernama Abdul Karim yang berasal dari desa sidomulyo lumajang jawa timur ini sangat mendapatkan penghasilan untuk para warga sekitar, pasalnya di desa sidomulyo memiliki alam yang potensinya sangat bagus dan indah masih terlihat asri. Dengan melihat potensi itu abdul karim memiliki ide untuk memanfaatkan keindahan alam untuk di jadikan destinasi wisata dan mengaja para warga di sekitar agar bekerja sama untuk menjalan ka ide ini agar warga di sekitar memiliki pendapatan dari tempat wisata yang akan di kerjakan ini.


Pada awalnya Abdul karim ingin menjadikan goa tetes  sebagai destinasi wisata dan di kelola langsung oleh para warga di sekitar aka tetapi areal tersebut sudah di kelola oleh pemerintah setempa. Namun hal itu tidak menyurutkan semangat abdul karim dan mencari di lokasi yang lain yang memiliki potensi besar untuk di jadikan tempat wisata.


Dan akhirnya abdul korim menemukan air terjun ini yang memilik 10 air terjun. setelah di perhatikan dari berbagai sudut, beliau sangat yakin bahwa air terjun ini memili potensi sangat besar untuk di jadikan destinasi wisata dan akan menarik para wisatawan untuk berkunjung ke lokasi tersebut


Wraga setempat sempat tidak menyetujui gagsan ini lantaran area tersebetu adalah tempat para warga mencari rumput “siapa yang mau berkunjung ke tempat seperti itu” gumam para warga. Setelah sekian lama bersisalisasi dengan keyakinan yang aman kuat para warga pun akhirnya menyetuji ide tersebut.


Dan untuk di awal proyek tersebut abdul korim mengeluarkan dana pribadinya untuk mengelola dan memperbaiki, dan menata lokasi ini, seiring berjalannya waktu dilihatlah potensinya semakin berkembang muailah datang sumbangan-sumbangan untuk mendupgrade lokasi wisata air terjun ini.


Jika di lihat dari namnyaair terjun tumpak sewu yang di ambil dari kata juwo kuno yang artinya tumpak “sabtu”, dan sewu berarti “air terjun seribu” di karnekan sumber airnya datang dari segala arah, meskipun musim kemarau melanda air terjun ini tidak akan pernah kekurangan air.


Mitosnya banyak cerita yang beredar di kalangan masyarakat yang berkaitan dengan air terjun tumpak sewu ini. Barangsiapun yang memasuh wajah dengan air terjun tumpak sewu ini akan mendaptkan berkah awet muda. Namun sampai saat ini belum di ketahui kebenaran tentang mitos tersebut. Akan tetapi sebagian orang mempercayai mitos tersebut dan sangat bersemengat berkunjung ke lokasi ini untuk membasuh wajahnya.


Panorama Keindahan Bukit


Menerima julukan air tejun yang paling indah di paulau jawa beserta Indonesia, akan tetapi masih ada beberapa keindahan yang menjadi daya tarik di areal air tejun ini. Misalnya untuk menikmati keindahan air terju tumpak sewu anda bisa menikmati keindahannya di bawah dan maupun dari atas.


Akan tetapi agar anda bisa menikmati keindahan air terjun ini dari bawah, anda harus menuruni lembah yang cukup curam dan panjangnya hingga mencapai 800m. Namun anda tidak perlu takut akan ada pemandu yang menuntun anda menuju kebawah dengan fasilitas yang bisa di jadikan keamanan ketika menuruni lembah curam tersebut.


Dan untuk para pengunjung yang malas untuk menuruni lembah curam tersebut anda tidak perlu risau, bahwasannya di areal atas terdapat gardu pandang yang di sedikana secara permanen, bangunan tersebut cukup luas hingga bisa menampung 50 penguncung secara bersamaan. Meskipun jarak gardu tersebut 100m dari air terjun, hal itu bukanlah halangan untuk mengurangi keidahan yang dimiliki oleh air tejun tumpa sewu tersebut.


Di dekat air terjun pun anda masih bisa menikmati keindahan goa tetes. Yang lokasinya tepat berada di pintu masuk  dari daerah lumajang. mendapat julukan goa tetes lantaran di balik air terjun konon terdapat goa yang di pergunakan sebagai penyepian teruntuk orang-orang menganut kepercayaan tertentu.


Adapun beberapa tips yang harus and ketahui berikut;


1. Bagi yang ingin memasukin area air terjun tumpak sewu di sarankan untuk memasuki melalui pintu gerbang yang terdapat di lumajang. lantaran jalur ini terbilang lebih aman untuk di lalui oleh para pelancong. di karenakan jalur dari malang harus melewati anak tangga yang cukup curam untk di lalui. Namun jalur dari lumajanh hanya harus melewati jalan setapak yag sudah di tata rapi untuk di lalui.


2. dan terakhir untuk melalui jalur ke tujuan air tejun tumpak sewu terbilang cukup licing di anjurkan untuk memakai alas kaki yang benar agar tidak terpeleset ketika di dalam perjanalanan. Di karenakan sepjanjang jalur hanya terdapat tanah dan lumpur dan juga di haruskan menyusuri sungai. olehk karena itu untuk menggunakan alas kaki yang benar-benar tepat untuk memalui medan ini.


Posting Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.