Download Aplikasi Pemulihan File Penting DOWNLOAD ❤

Pencarian Cepat 💡

Perbedaan HP Yang Sudah Di Root dan Belum

Perbedaan HP Yang Sudah Di Root dan Belum


Memiliki HP baru bukan berarti harus membeli HP kondisi baru. Karena berbagai macam alasan serta kepentingan, Anda mungkin saja membeli HP baru yang seken. Untuk keadaan yang seperti ini maka wajib bagi Anda tahu perbedaan HP yang sudah di root dan belum.

Arti Istilah Root

Arti HP sudah di root secara sederhana adalah sudah terjadi perubahan pada bagian setingan atau pengaturan seluler tersebut. Melalui proses ini, maka pengaturan yang ada di dalam HP sudah tak sesuai dengan sebagaimana yang ditetapkan pabrikannya.

Proses rooting yang dilakukan oleh pemilik HP akan membuat yang bersangkutan mendapatkan akses penuh ke dalam sistem Android. Dengan root maka akan dimungkinkan untuk melakukan penambahan ataupun pengurangan bahkan modifikasi.

Beragam hal tersebut digunakan terhadap file atau data bawaan yang telah disematkan oleh produsen HP Android ke dalam perangkat seluler. Yang mana bila dalam keadaan original sebagaimana bawaan pabrik maka semua hal tersebut tak akan dapat dilakukan.

Pada awalnya proses root dilakukan ketika sang pemilik seluler ingin menaikkan performa atau kemampuan ponsel Android miliknya. Akan tetapi dalam kenyataannya, tak semua proses rooting akan berhasil meningkatkan performa seluler.

Proses root selain sebaiknya tidak dilakukan, juga karena tidak semua jenis HP yang cocok untuk di root. Apabila salah pada saat memilih jenis Android yang akan dilakukan rooting, maka hasil yang diharapkan tak akan didapatkan.

Cara Tahu HP Sudah Di Root Atau Belum

Cara sederhana untuk tahu perbedaan HP yang sudah di root dan belum adalah sebagai berikut:

1. Lakukanlah Cek Menu

Langkah untuk mencari tahu apakah HP sudah disetting yang pertama adalah mencari tahu apakah terdapat aplikasi SuperUser di dalam app drawer pada menu utamanya. Metode ini termasuk cara mengetahui HP yang sudah di root tanpa aplikasi secara mudah dan cepat.

2. Periksalah Dengan Aplikasi Root Checker

Cara mengetahui HP sudah di root atau tidak adalah dengan memanfaatkan keberadan aplikasi Root Checker. Meskipun cara ini agak ribet, namun hasilnya akan sangat akurat sekali. Langkah untuk mengetahui perbedaan HP yang sudah di root dan belum adalah sebagai berikut:

  • Masukklah ke dalam aplikasi Google.
  • Cari dan unduhlah aplikasi Root Checker.
  • Selanjutnya lakukanlah pengunduhan sekaligus pemasangan aplikasi.
  • Setelah aplikasi berhasil terpasang maka masuklah ke dalam menu utamanya, lalu lakukan proses pemeriksaan root dengan menekan tombol Root.
  • Selama beberapa waktu aplikasi akan melakukan pemeriksaan dan menyajikan hasilnya ketika proses telah selesai.

3. Gunakanlah Terminal Emulator

Ciri ciri HP sudah di root yang ketiga adalah melakukan pemasangan klien terminal. Langkah untuk melakukan pemasangan adalah melalui tahapan berikut ini:

  • Lakukan pengunduhan sekaligus pemasangan klien terminal pada seluler yang akan diperiksa.
  • Selanjutnya, bukalah terminal. Apabila di dalam terminal Anda melihat ada tanda “#”, maka ini berarti telepon telah melalui proses root.
  • Namun apabila yang Anda lihat di dalam terminal adalah tanda “$”, maka ini artinya HP tersebut tidak dalam mode pengguna super. Akan tetapi perlu dipahami jika itu bukan berarti HP belum di root juga.
  • Untuk itu ketikkan saja isyarat “su”, apabila HP tidak merespon maka ini artinya HP tersebut masih original.

Setelah Anda paham apa sajakah perbedaan HP yang sudah di root dan belum, maka gunakanlah informasi tersebut saat akan melakukan pembelian Hp seken. Dengan cara ini maka Anda akan lepas dari potensi penipuan.

Posting Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.