Download Aplikasi Pemulihan File Penting DOWNLOAD ❤

Pencarian Cepat 💡

Cara Membuat Bootable Flashdisk Dengan CMD Tanpa Software

Cara Membuat Bootable Flashdisk Dengan CMD Tanpa Software


Cara membuat bootable flashdisk dengan CMD sangatlah mudah. Asalkan mengikuti tutorial yg kami berikan, pasti sobat mampu menciptakan bootable flashdisk yg nantinya bisa digunakan buat menginstal Windows 7, Windows 8, atau Windows 10. Sebenarnya masih ada beberapa cara buat menciptakan bootable flashdisk Windows. Tetapi kami lebih memilih menggunakan CMD dikarenakan lebih mudah dan tidak membutuhkan aplikasi tambahan.

Ada beberapa langkah pada menciptakan bootable Windows dengan CMD. Sobat hanya perlu memasukan beberapa perintah buat memformat Flash Disk supaya nantinya terbaca ketika pertama kali masuk Bios. Beberapa orang mungkin pernah mencobanya dan gagal. Biasanya kegagalan tadi dikarenakan keliru memasukan perintah ketika masuk ke menu CMD. Faktor lainnya merupakan arsip Windows yg corrupt atau mungkin ada yg kurang sebagai akibatnya menciptakan instalasi windows gagal.

DAFTAR ISI ARTIKEL
  • 1. Siapkan Terlebih Dahulu Flashdisk-nya
  • 2. Colokan Flashdisk Ke Komputer
  • 3. Buka Menu Run & Ketikan Diskpart
  • 4. Ketikan List Disk
  • lima. Ketikan Select Disk
  • 6. Ketikan Clean
  • 7. Ketikan Create Partition Primary
  • 8. Ketikan Active
  • 9. Format Partisi
  • 10. Keluar CMD & Mencopy File Windows
Selain menggunakan CMD, masbro pula mampu menggunakan perangkat lunak bernama Rufus. Software tersebut dipakai buat memformat flashdisk secara otomatis agar mampu booting. Sebenarnya cara kerja rufus hampir sama dengan menciptakan bootable flashdisk menggunakan CMD. Hanya saja prosesnya lebih cepat & lebih gampang. Tetapi sering kali kita berada disituasi yang tidak memungkinkan buat mengakses internet, sehingga tidak sanggup mendownload software tersebut.
 
Menginstall Windows sendiri dirumah adalah pilihan paling sempurna. Dari mengeluarkan uang buat porto instal ulang, mending uangnya buat jajan. Tetapi perlu diingat, bahwa menginstal windows dengan Flagsdisk permanen ada resikonya. Resiko paling utama adalah terjadi corrupt apabila waktu menginstal ulang tiba-datang listrik tewas ataupun baterai laptop habis. Nah bagi yg tak tak takun aka hal itu, yuk kita simak terlebih dahulu melihat cara menciptakan bootable flashdisk menggunakan CMD ini dia.

Kecepatan transfer data setiap flashdisk berbeda-beda. Jika ingin proses membuat bootable flashdisk dengan CMD berlangsung cepat, kami sarankan untuk memakai flashdisk yg mempunyai kecepatan Write Speed dan Read Speed tinggi. Hal ini sangat penting, lantaran proses pemformatan flashdisk menjadi bootable sanggup berjalan cepat. Selain itu, pilihlah flashidisk yg kapasitasnya sesuai dengan arsip Windows yang akan diinstal. Jika mau menginstal Windows 10, kami sarankan menggunakan flasdisk minimum berkapasitas 8GB.
 
Setiap flashdisk siap, maka langkah selanjutnya tinggal mencolokan flashdisk ke komputer. Sobat mampu menentukan port USB 2.0 atau port USB tiga.0 sesuai komputer yg sobat miliki. Kecepatan pembacaan flashdisk di port USB 2.0 & Port USB tiga.0 cukup tidak sama. Jika memeliki flashdisk yang mendukung port USB 3.0, maka kami sarankan buat menggunakan tersebut agar proses pemindahan file Windows ke Flashdisk mampu berlangsung cepat dan sanggup mempercepat proses pembuatan Booting.

 Jika Flashdisk telah terdeteksi oleh komputer, maka cara menciptakan bootable flashdisk menggunakan CMD selanjutnya merupakan membuka hidangan Run. Cara paling gampang adalah menekan shortuct (Win + R). Setelah itu akan ada kolom Open, lalu sobat tuliskan diskpart, & tekan enter.

 Setelah menekan enter, maka secara otomatis akan timbul menu diskpart.Exe yg nantinya kita isi menggunakan perintah CMD. Perintah yang pertama merupakan ketikan “list disk” lalu tekan enter. Kemudian akan ada beberapa list hardisk & flashdisk yang terkoneksi ke komputer.
  

Cara menciptakan bootable flashdisk menggunakan CMD selanjutnya adalah memiliki flashdisk yang akan dibuat booting. Pada gambar di atas terlihat bahwa flashdisk berada dalam list ketiga, jadi sobat wajib mengetikan “select disk tiga“, kemudian tekan enter. Jika flashdisk berada pada list ke empat, maka penulisannya “select disk 4”. Silahkan sobat tentukan sendiri urutan Flashdisk di personal komputer masing-masing. Owh yah, jangan sampai keliru memilihnya, lantaran mampu-sanggup kita galat memilih disk yang pada format.

 Langkah selanjutnya adalah tinggal membersihkan data yang tersimpan pada pada flasdisk. Caranya tinggal ketikan “clean” lalu tekan enter. Kemudian secara otomatis arsip system, partisi, dan data yg masih tersimpan pada flashdisk akan terhapus. Setelah proses penghapusan terselesaikan, maka akan ada goresan pena “diskPart succeded in cleaning the disk”
 
Setelah langkah pada atas terselesaikan, maka cara menciptakan bootable flashdisk menggunakan CMD selanjutnya merupakan mengetika perintan “create partition primary” dan tekan enter. Setelah proses tadi berhasil maka akan timbul tulisan “Diskpart succeeded in creating the specified partition”. Pastikan goresan pena tadi benar-benar keluar sebelum kita masuk ke proses selanjutnya.

 Proses pembuatan partisi berjalan beberapa dtk saja. Nah sesudah selesai, maka langkah selanjutnya merupakan mengaktifkan partisi tadi. Caranya adalah menggunakan mengetikan perintah “active” lalu tekan enter. Jika berhasil akan keluarkan goresan pena “Dispkart marked current partition as active” yg mengindikasikan bahwa partisi sudah aktif.
 
Nah langkah terakhir dalam cara menciptakan bootable flashdisk dengan CMD adalah melakukan format partisi. Caranya adalah dengan mengetikan “format fs=fat32 label=febian quick” kemudian tekan enter. Sobat bisa merubah nama label sesuka hati, lantaran tujuan penamaan tersebut hanya untuk mengubah nama flashdisk yg terbaca pada komputer. Selain itu, sobat jua bisa memakai perintah “format fs=ntfs” atau “format fs=fat32“, tetapi umumnya proses pemformatan memakan saat relatif usang sampai benar-sahih 100%.

 Jika proses format sudah terselesaikan, maka akan timbul tulisan “DiskPart successfully formatted tehe volume”. Nah langkah selanjutnya adalah tinggal keluar menurut menu CMD. Caranya merupakan mengetikan “assign” lalu enter, dan lalu ketikan “exit” buat keluar menurut CMD.

Nah itulah cara menciptakan bootable flashdisk dengan CMD. Setelah semula langkah pada atas terselesaikan, maka langkah selanjutnya tinggal mengcopy seluruh arsip installer Windows ke dalam flashdisk yg sudah bootable. Pastikan seluruh file tercopy supaya tidak terjadi coruppt ketika instalasi Windows. Nah bila proses pengcopyan sudah terselesaikan, maka icon USB Flashdisk akan berubah menjadi icon installer yg menandakan bahwa flashdisk siap digunakan buat menginstal Windows.

Cara menciptakan bootable flashdisk dengan CMD yang kami sampaikan di atas hanya sanggup dipakai buat menginstal Windows XP ke atas, seperti Windows 7, Windows 8, & Windows 10. Jika mau menginstal Windows XP lebih baik memakai kaset saja. Tetapi kami rasa sekarang telah sporadis ada yang memakai Windows XP, lantaran sistem operasi tersebut telalu ketinggalah zama, sebagai akibatnya sistem keamanannya sangat kurang.

Posting Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.