Download Aplikasi Pemulihan File Penting DOWNLOAD ❤

Pencarian Cepat 💡

Cara Daftar Kartu Prakerja Supaya Lolos dan Mendapatkan Intensif

Cara Daftar Kartu Prakerja Supaya Lolos dan Mendapatkan Intensif

Cara Daftar Kartu Prakerja

Pemerintah memiliki website resmi yang digunakan sebagai tempat pendaftaran kartu prakerja, yang nantinya akan penerimaan kartu prakerja mengikuti program pelatihan baik online maupun offline. Kartu Prakerja memang ditujukan untuk meningkatkan keterampilan, produktivitas serta daya saing dengan tenaga kerja asing. Dilansir dari situs resmi, prakerja.go.id , syarat mendaftar kartu prakerja adalah semua WNI yang ingin meningkatkan keterampilan dan tidak sedang menjalani pendidikan formal maka diperbolehkan untuk mendaftar. Tapi, yang menjadi prioritas adalah pengangguran muda. 

Berikut ini cara mendaftar kartu prakerja

  1. Masuk ke website resmi Kartu Prakerja, prakerja.go.id
    source : prakerja.go.id

  2. Setelah masuk, lalu buat akun terlebih dahulu 
    source : prakerja.go.id

  3. Verifikasi Email Kamu, jika tidak kunjung mendapat notifikasi email, coba cek bagian spam. Biasanya email prakerja masuk ke spam.
    source : prakerja.go.id

  4. Login ke akun prakerja Kamu
    source : prakerja.go.id

  5.  Kemudian, lengkapi data diri . Pastikan saat mengisi no ponsel, no tersebut merupakan no yang terdaftar pada e-wallet ( Ovo, GoPay, LinkAja )
    source : prakerja.go.id

  6. Verifikasi dengan kode OTP yang dikirim melalui SMS ke No ponsel kamu
    source : prakerja.go.id

  7. Selanjutnya, isi Pernyataan Pendaftar sesuai dengan kondisi kamu
    source : prakerja.go.id

  8. Setelah itu, kamu harus mengikuti seleksi dan mengikuti Tes Motivasi dan kemampuan dasar. Kamu akan diberi waktu sekitar 25 menit.
    source : prakerja.go.id

  9. Setelah selesai mengikuti tes, hasil akan dievaluasi.
  10. Selanjutnya, kamu tinggal memilih seleksi gelombang sesuai dengan domisili. Namun, gelombang ini ada batas waktu tertentu dan hanya memiliki Kouta 600.000 orang.
    source : prakerja.go.id

Setelah memilih gelombang dan menyetujui persyaratan, selanjutnya kamu harus menunggu notifikasi apakah lolos atau tidak melalui SMS setelah seleksi gelombang ditutup. Jika belum berhasil, maka kamu dapat mengikuti seleksi gelombang berikutnya.

Sekarang kamu tinggal menunggu notifikasi hasilnya setelah tanggal penutupan gelombang.

Bagaimana mengetahui lolos atau tidak lolos Prakerja

Setelah seleksi gelombang ditutup, biasanya akan ada pengumuman hasil dari gelombang tersebut.

Jika kamu lolos, kamu akan mendapatkan SMS dan kamu juga dapat melihat nomor Kartu Prakerja dan status saldo pada dashboard akun kamu.

source : prakerja.go.id


Namun, jika kamu tidak mendapatkan SMS, kemungkinan tidak lolos. Untuk memastikannya kamu bisa lihat dashboard akun.

source : prakerja.go.id

Hal yang Mempengaruhi Kelolosan Kartu Prakerja

Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar

Ini menjadi salah satu syarat penentuan kelolosan pendaftar Kartu Prakerja. Jadi Kamu harus mengikuti sebaik mungkin dan mempersiapkan alat bantu ( kertas, pensil ). Dan perlu diingat tes ini memiliki batas waktu 25 menit.

Seleksi Gelombang

Seleksi gelombang juga mempengaruhi kelolosan pendaftar Kartu Prakerja, karena setiap periode memiliki Kouta tertentu. Jadi, setelah proses pendataan maka segera mungkin untuk memilih seleksi gelombang jika tersedia.

Nah, jika kamu lolos dan menjadi penerima kartu prakerja, maka berhak mendapatkan bantuan pelatihan sebesar Rp 1.000.000 dalm bentuk non-tunai. Kamu dapat mengecek saldo / pagu bantuan pelatihan di dashboard akun. Kamu harus memanfaatkan Kartu Prakerja sebaik mungkin, karena kamu hanya mengikuti sekali seumur hidup.

Jika Kamu menjadi penerima Kartu Prakerja, sebaiknya segera memilih pelatihan apa yang akan diikuti. Kamu akan diberi waktu 30 hari setelah mendapat Kartu Prakerja untuk mengikuti Pelatihan Online di platform Digital ( Tokopedia, Bukalapak, Pintaria, Sekolah.mu, Kemnaker, Pijar ). Jika tidak, Kartu Prakerja yang kamu miliki akan dinonaktifkan dan saldo/pagu bantuan pelatihan juga akan hangus.

Posting Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.