Download Aplikasi Pemulihan File Penting DOWNLOAD ❤

Pencarian Cepat 💡

Teknologi komputer terbaru 2022

 


Sejak awal tahun 2020, dunia dihebohkan dengan merebaknya virus Corona (SARS-CoV-2) atau dikenal dengan pandemi COVID-19 (Corona Virus Desease-2019). Akibatnya, banyak aspek kehidupan manusia yang terguncang seperti sosial, ekonomi, kesehatan, pendidikan, hukum, hingga politik.

Di bidang teknologi informasi, banyak perusahaan atau pihak-pihak yang berkecimpung di dunia IT harus beroperasi sesuai dengan protokol kesehatan guna mengurangi potensi penyebaran virus Corona. Distributor dan toko ritel produk-produk teknologi informasi pun melakukan hal yang sama.

Bahkan, virus COVID-19 juga ikut bermutasi menjadi berbagai varian. Untungnya, hal tersebut tidak mempengaruhi laju perkembangan teknologi, khususnya teknologi informasi dan komputasi. Ini dibuktikan dengan hadirnya beberapa teknologi baru yang akan rilis di tahun 2022.

Beberapa perusahaan pengembang hardware atau software di bidang IT pada tahun 2022 ini juga akan meluncurkan produk termutakhir mereka. Hal ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang kian haus akan teknologi baru.

Harapannya, dengan adanya teknologi informasi terbaru akan lebih memudahkan untuk bekerja, berkarya, atau menikmati hiburan terutama saat pandemi masih terjadi. Apa saja teknologi komputer & gadget yang akan hadir di tahun 2021 ? Berikut ini daftar selengkapnya

Teknologi komputer terbaru

AMD 3D V-Cache

Pada perhelatan acara CES (Consumer Electronic Show) 2022, AMD memperkenalkan sebuah teknologi yang dinamakan dengan 3D V-Cache. Apa itu ? 3D V-Cache adalah teknologi pengemasan dengan menumpuk sejumlah memori cache di atas core CPU.

Tujuannya, processor AMD akan memiliki tambahan kapasitas memori cache yang jauh lebih besar dengan ukuran chip yang relatif sama. Semakin besar kapasitas memori cache, maka semakin banyak instruksi/data yang bisa diproses dengan cepat. Alhasil, potensi performa yang bisa dicapai juga akan lebih tinggi.

Teknologi 3D V-Cache akan menambah kapasitas L3 cache sebanyak 64 MB. Rencananya, teknologi ini akan disertakan pada processor AMD Ryzen 7 5800X3D. Processor tersebut nantinya bakal punya L3 cache berkapasitas total hingga 96 MB (32 MB On-die + 64 MB V-Cache).

AMD Zen 4

Selain 3D V-Cache, AMD juga memperkenalkan arsitektur mikro untuk produk processor terbarunya. Arsitektur generasi terbaru ini dikenal sebagai Zen 4 (Zen generasi ke-5). Yang baru dari arsitektur ini yaitu AMD menyertakan dukungan untuk teknologi RAM DDR5 dan PCI Express 5.0.

Selain itu, AMD juga akan menggunakan soket processor desktop baru yaitu AM5. Soket ini menggunakan tipe LGA  dengan 1718 pin, yang mungkin tidak jauh berbeda seperti soket processor Intel pada umumnya.

Arsitektur ini akan digunakan pada produk processor AMD Ryzen seri 7000 dan juga menggunakan proses fabrikasi 5nm dari TSMC. Rencananya, processor tersebut akan diluncurkan secara resmi pada pertengahan tahun 2022.

PCI Express 6.0

PCI Express merupakan salah satu standar bus komputer yang paling banyak digunakan. Diantaranya untuk penggunaan kartu grafis (VGA card) dan penyimpanan berkecepatan tinggi. Dengan menggunakan PCI Express, kartu grafis modern mampu menghasilkan kinerja yang luar biasa.

Di tahun 2022 ini, PCI-SIG (badan yang mengembangkan PCI Express) kembali akan menghadirkan versi terbaru yaitu PCI Express 6.0 (generasi ke-6). PCI-SIG mengklaim PCI Express 6.0 mampu mendapatkan bandwidth hingga 64 GT/detik tiap jalurnya atau kurang lebih 126 GB per detik pada konfigurasi 16 lane.

Yang baru dari PCI Express 6.0 yaitu penggunaan standar baru sinyal modulasi amplitudo 4 level untuk peningkatan transfer data dan koreksi error guna meningkatkan integritas data.

Intel Arc

Perangkat GPU Intel seringkali sudah terintegrasi dengan produk processornya. Namun akhirnya, Intel juga akan membuat produk GPU diskrit dengan nama Intel Arc yang ditujukan untuk kelas konsumer. Produk dengan nama kode Alchemist ini akan dirilis pada tahun 2022.

GPU Intel Arc sudah pasti akan bersaing dengan GPU diskrit populer lainnya semisal Nvidia Geforce dan AMD Radeon. Produk GPU ini menggunakan arsitektur Intel Xe-HPG (High Performance Gaming). Sama halnya GPU generasi terbaru lainnya, Intel Arc juga memiliki dukungan ray-tracing, supersampling, dan DirectX 12 Ultimate.

Intel Arc akan hadir dalam bentuk varian kartu grafis dan versi mobile (laptop). Rencananya, GPU ini tidak diproduksi oleh Intel sendiri melainkan akan diproduksi oleh pabrikan TSMC.

Posting Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.