Download Aplikasi Pemulihan File Penting DOWNLOAD ❤

Pencarian Cepat 💡

Niche Blog yang Selalu Ramai Pengunjung


 

Niche Blog yang Selalu Ramai Pengunjung. Sebenarnya dalam membuat blog bisa diisi dengan konten apa saja sesuai passion kita. Akan tetapi, akan lebih bagus lagi jika blog anda fokus pada satu topik tertentu atau sering disebut niche blog.

Loh kok gitu mas?

Iya mas, sebenarnya jika hanya fokus pada satu niche blog akan lebih berpotensi ramai pengunjung / visitor dan biasanya CPC juga bakal lebih gede ketimbang niche blog gado-gado.

Waduh, blog ku niche gado-gado nih mas, wkwk. Pantesan aja kadang rame kadang enggak.

Tapi jangan berkecil hati, blog gado-gado juga bisa lebih luas pembahasannya, bisa lebih banyak menjangkau pengunjung. 

Lalu, niche blog yang ramai pengunjung apa aja mas?

Tenang, saya akan memberikan daftar rekomendasi niche blog berpotensi selalu ramai pengunjung dan menjanjikan untuk anda. Langsung saja, simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu Niche Blog?

Niche blog adalah topik atau tema khusus yang menjadi pokok pembahasan dalam suatu blog. Sebenarnya tidak ada yang melarang atau ada aturan yang mengharuskan blog untuk membahas topik tertentu secara tertentu.

Tapi, dengan memfokuskan satu niche blog, anda hanya perlu membuat konten dalam satu topik yang sama dan anda juga tidak perlu repot-repot membuat konten yang lain. Selain itu juga ada keuntungan tersendiri jika fokus pada satu niche blog. 

Keuntungan Jika Fokus Pada Satu Niche Blog

Berikut adalah beberapa keuntungan yang anda dapatkan jika fokus pada satu niche blog : 

1. Membuat Anda Lebih Fokus

Dengan memilih Niche blog bisa membuat anda lebih fokus pada satu topik tertentu, sehingga tidak meluas ke berbagai topik. Hal itu bisa membuat anda lebih konsisten dalam membuat konten-konten blog. 

2. Bisa Dikenal sebagai Ahli

Selain fokus pada satu niche blog, anda juga bisa dikenal sebagai ahli pada topik tertentu dan dijadikan referensi oleh banyak orang.

3. Lebih Mudah Dimonetisasi oleh Pemilik Iklan

Nah, jika blog anda sudah dikenal sebagai ahli dan menjadi referensi banyak orang, tentu banyak produk yang ingin meng-endorse blog anda dan blog anda juga akan lebih mudah (lebih berpeluang) di approve sama Google AdSense.

4. Meningkatkan CTR iklan

Iklan yang relevan dengan niche blog anda akan lebih banyak diklik oleh pengunjung sehingga anda akan mendapatkan bayaran iklan lebih banyak. 

Berbeda lagi jika blog anda niche nya gado-gado, pasti iklan akan lebih random biasanya sehingga iklan yang ditampilkan juga kurang relevan.

Jenis-Jenis Niche Blog

Berikut adalah jenis-jenis niche blog berdasarkan pandangan John James Robinson dalam ebooknya The Authority Site Adsense Guide :

1. Whole-niche

Whole-niche adalah niche blog yang membahas seluruh jangkauan topik. Contoh saja jika blog anda membahas seputar Digital Marketing, maka anda membahas seluruh topik, mulai dari cara melakukan marketing online, panduan Digital Marketing, penginputan atau pendaftaran sistem marketing online dan lain sebagainya.

2. Broad-niche

Broad-niche adalah niche blog yang tidak membahas keseluruhan topik, melainkan sebagian besar topik. Contoh saja jika blog anda membahas seputar Kursus Website, maka blog anda akan membahas tentang kursus web master, materi yang di pelajari, dan hasil yang di dapat dari kursus web master tersebut.

3. Themed-niche

Themed-niche adalah niche blog yang sudah mengarah ke suatu topik tertentu saja. Contoh nya seperti blog anda yang topiknya membahas seputar Blogger, maka pembahasan di blog anda hanya SEO off page untuk blogger saja.

4. Micro-niche

Micro-niche adalah niche blog yang sangat sempit dan begitu terarah detail. Misalnya topik blog anda adalah seputar blogger, maka pembahasan di niche blog anda nantinya hanya membahas seputar SEO on page khusus riset keyword.

Nah itu sedikit pembahasan dari pengertian niche, keuntungan jika fokus pada satu niche blog, dan jenis-jenis niche blog.

Sekarang kita kembali ke topik utama yaitu niche blog yang selalu ramai pengunjung. Untuk membuat blog menjadi ramai, anda sebagai blogger juga harus tahu niche blog berpotensi yang paling digemari dan disukai oleh pembaca.

10+ Daftar Niche Blog yang Selalu Ramai Pengunjung

Berikut adalah niche blog yang selalu ramai pengunjung atau visitor :

1. Niche Blog Berita / News

Niche blog yang selalu ramai pengunjung yang pertama yaitu niche blog berita atau news. Karena sudah tidak diragukan lagi, di zaman yang serba digital ini (zaman now) dengan dukungan perkembangan gadget yang semakin pesat dan hotspot WiFi yang tersebar dimana-mana, seseorang dapat dengan mudah mencari informasi apa saja setiap hari di internet. 

Baik informasi berupa berita politik, saham, ekonomi, bisnis, teknologi, kesehatan, selebriti, kriminal, perang, olahraga, bahkan kejadian yang baru terjadi. Konten berita yang hampir selalu update setiap hari memang dapat mengundang pengunjung yang banyak dalam sekejap. 

Biasanya para pemain di niche ini mengoptimasi blog mereka dari sisi judul dan image, sehingga menjadi lebih unik dan membuat penasaran para pembaca. Kegiatan promosi yang dilakukan biasanya melalui media sosial seperti Facebook dan Twitter.

Namun, sayangnya konten semacam ini biasanya hanya akan sangat ramai 3 hari sampai seminggu saja. 

2. Niche Blog Bisnis

Niche blog yang selalu ramai pengunjung selanjutnya yaitu niche blog bisnis. Tema bisnis memang tema yang selalu menarik dan menggugah siapa saja, tidak terkecuali para netizen. Banyaknya orang yang ingin berbisnis, membuat niche ini selalu dikejar dan dicari oleh para netizen guna memperoleh informasi yang bisa mereka ambil untuk dipraktekkan.

Nah, bagi anda blogger yang memiliki pengalaman atau ketertarikan di bidang bisnis, anda bisa mulai menghiasi atau memilih niche blog anda dengan rubrik-rubrik yang bertema tentang bisnis dan entrepreneurship.

3. Niche Blog Tutorial 

Niche blog tutorial juga tidak bisa dipandang sebelah mata. Di Indonesia saja konten tentang tutorial blog masih menjadi primadona, terutama bagi blogger pemula. Blogger pemula ini tertarik ngeblog karena banyak melihat tutorial-tutorial tentang blog, lalu mengimplementasikan bacaanya tersebut ke blog dan artikel-artikel blognya.

Karena konten tutorial blog ini banyak peminatnya, maka persaingan ketat di mesin pencarian juga tidak bisa dihindari.

4. Niche Blog Teknologi

Niche blog yang selalu ramai pengunjung selanjutnya yaitu niche blog teknologi. Sebenarnya ada banyak sekali sub kategori di niche Teknologi ini, mulai dari topik komputer, internet, gadget, dan berbagai topik lainnya.

Walupun niche ini sangat luas, tentu saja anda bisa memilih salah satu topik yang paling sesuai dengan bidang dan minat anda. Misalnya anda menyukai dan punya kemampuan di topik komputer, maka anda bisa membuat blog yang membahas seputar topik ini secara mendalam.

5. Niche Blog Traveling

Niche blog yang selalu ramai pengunjung selanjutnya yaitu niche blog teknologi. Dunia traveling saat ini memang menjadi sangat seksi untuk semua kalangan. Tidak bisa dipungkiri jika peminatnya selalu bertambah setiap tahunnya. Hal ini dibuktikan dengan semakin intens-nya kegiatan traveling oleh para pecintanya.

Di dunia maya, terkhusus blogging, traveling juga menjadi niche yang populer yang seringkali dibanjiri para netizen. Bagi anda yang juga seorang traveling dan menyukai kegiatan outdoor, anda bisa membuat topik ini di blog anda dengan cerita yang jelas dengan dukungan gambar atau video perjalanan.

6. Niche Blog Religi / Keagamaan

Niche blog tentang keagamaan ini akan tetap abadi sepanjang masa. Mungkin kita boleh disibukkan dengan urusan duniawi, akan tetapi jangan sampai melupakan hal-hal yang bersifat keagamaan. 

Nah, pasti banyak yang bisa dihitung dengan jari siapa yang paling suka membaca blog dengan niche keagamaan kan?

Banyak ditemukan blog dengan sub kategori jenis niche ini dan bahkan banyak diantara mereka tidak memperdulikan uang sebagai imbalannya. Namun, jangan salah, banyak penulis blog niche seperti ini yang menerima donatur tetap dari pihak tertentu.

7. Niche Blog Artwork

Niche blog yang selalu ramai pengunjung selanjutnya yaitu niche artwork. Artwork atau gambar seni atau ilustrasi desain adalah niche blog yang banyak disukai netizen terutama kaum muda. Nilai seni dan kreativitas yang tinggi diduga menjadi sebab mengapa niche artwork banyak disukai pengunjung blog. Namun untuk tetap mendapatkan banyak pengunjung, niche ini harus selalu diupdate secara rutin dan berkala.

Akan lebih baik jika Anda mampu menyajikan tutorial dan proses atau tahapan pembuatan pada setiap artwork yang akan diposting. Dengan adanya tutorial dan tahapan proses pengerjaan artwork, pengunjung akan semakin suka dan senang.

8. Niche Blog Fashion

Niche blog yang selalu ramai pengunjung selanjutnya yaitu niche blog fashion. Niche blog ini sudah terbukti mendatangkan banyak trafik. Salah satu topik blog yang juga paling diminati dan disukai oleh pembaca adalah fashion. Dunia fashion yang juga sangat menggeliat juga akan menggiring banyak pembaca menuju sebuah blog yang menyediakan banyak informasi tentangnya.

Perkembangan dan pertumbuhan fashion ini seharusnya bisa anda manfaatkan sedemikian rupa dengan membuat topik ini di blog anda guna menarik banyak pengunjung blog.

9. Niche Blog Kuliner

Niche blog yang selalu ramai pengunjung selanjutnya yaitu niche blog kuliner. Dalam dunia blog, kini sudah muncul istilah food blogger. Inilah bukti yang menjadikan niche kuliner sedang diincar para netizen. 

Saat membuat niche ini, anda memiliki dua pilihan yaitu membagikan dan memposting konten berisi resep masakan milik sendiri atau mereportase hasil wisata kuliner di beberapa tempat. Kalau mau dua-duanya juga lebih baik.

Dengan keahlian anda meracik dan mereportase berbagai jenis bahan dan olahan makanan atau minuman ini, maka para penggemar kuliner yang semakin waktu terus bertambah banyak jumlahnya ini akan membuat blog anda akan menjadi ramai pengunjung.

10. Niche Blog Kesehatan

Salah satu kelompok setia pembaca konten jenis kesehatan ini yaitu siswa atau mahasiswa kedokteran atau kesehatan. Niche kesehatan yang biasa dicari biasanya berkaitan tentang cara menurunkan berat badan atau cara diet yang benar, dan kebutuhan kesehatan lainnya.

Niche blog kesehatan cukup banyak referensinya di internet. Namun, tentu saja bukan sesuatu yang mudah untuk membangun dari awal blog dengan niche kesehatan. Karena saat ini sudah banyak sekali pemain di niche ini, bahkan sudah ada beberapa situs authority di niche kesehatan di Google. 

Akan tetapi, tentu saja niche yang potensinya besar akan membuat persaingan semakin besar. Tinggal bagaimana kita mengoptimasi blog di niche kesehatan agar mendapatkan trafik.

11. Niche Blog Pelajaran Sekolah

Niche blog yang selalu ramai pengunjung yang terakhir yaitu niche pendidikan (pelajaran sekolah). Niche blog tentang pelajaran atau tugas sekolah juga sangat menguntungkan dari segi trafik. Karena banyak siswa dijaman sekarang ini lebih suka googling atau browsing di internet untuk mengerjakan PR maupun soal-soal yang diberikan oleh guru.

Nah, anda bisa memanfaatkan keadaan tersebut, dengan mengerjakan tugas-tugas sekolah yang ada dan anda share ke blog. Maka dari itu niche blog pelajaran sekolah juga akan membuat blog anda ramai pengunjung atau visitor.

Demikian 10+ Daftar Niche Blog yang Selalu Ramai Pengunjung / Visitor. Semoga bisa bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung. Salam AdityaTekno.com 

sumber :

Koleksi Bot
Web designer and Web developer

3 komentar

  1. Test
  2. Inpo
  3. Inpo
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.