Download Aplikasi Pemulihan File Penting DOWNLOAD ❤

Pencarian Cepat 💡

Apa Itu Teknologi Modern?

Teknologi Apa Itu?


Pengertian Teknologi – Teknologi merupakan kata atau istilah yang tidak asing lagi dalam kehidupan manusia. Bahkan, teknologi ini selalu dipakai dalam aktifitas sehari-hari. Lantas, apa pengertian teknologi? Apa saja manfaat dan jenis-jenis teknologi? Berikut pembahasannya.

Teknologi merupakan hasil serapan dari bahaa Inggris yaitu technology. Sebelum itu, teknnologi juga diyakini berasal dari bahasa Yunani, yaitu technologia yang berasal dari kata techne yang berarti wacana seni.

Penggunaan kata technology sendiri mulai dicetuskan oleh salah satu ilmuwan sosial asal Amerika, yang pada awal abad ke-20 mulai digagas sebagai padanan dari konsep bahasa Jerman, yaitu technik menjadi technology. Penggunaan kata teknologi ini dicetuskan setelah munculnya revolusi industri di Eropa, yang memunculkan banyaknya perubahan luar biasa dari segi industri dan juga perburuhan pada masa itu.

Pengertian Teknologi Menurut Para Ahli

Pengertian teknologi secara umum adalah sebuah alat, mesin, cara, proses, kegiatan, ataupun gagasan yang dibuat untuk mempermudah aktifitas manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Teknologi juga dapat diartikan sebagai ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang keterampilan dalam menciptakan alat, metode pengolahan, dan ekstrasi benda, untuk membantu menyelesaikan berbagai permasalahan dan pekerjaan manusia sehari-hari.

1. Menurut KBBI

Pengertian teknologi menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah keseluruhan sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia. Teknologi juga dapat diartikan sebagai metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis atau ilmu pengetahuan terapan.

2. Wikipedia

Teknologi adalah suatu rujukan terhadap sekumpulan teknik-teknik yang mencakup banyak hal. Lebih lanjut disebutkan bahwa teknologi merupakan sebuah entitas, benda maupun bukan benda yang diciptakan secara terpadu melalui proses penciptaan dan kreasi serta pemikiran untuk mencapai suatu nilai-nilai tertentu.

3. Menurut Naisbit (2002)

Naisbit (2002) mengutip pengertian teknologi dari Random House Dictionary yang mengatakan bahwa teknologi merupakan sebuah benda dan juga objek, serta bahan, dan juga wujud yang berbeda dibandingkan dengan manusia biasa.

4. Menurut Miarso (2007)

Teknologi merupakan suatu bentuk proses yang meningkatkan nilai tambah. Proses yang berjalan terebut dapat menggunakan atau menghasilkan produk tertentu, dimana produk yang dihasilkan tidak terpisah dari produk lain yang telah ada. Lebih lanjut disebutkan pula bahwa teknologi merupakan suatu bagian dari sebuah integral yang terdapat di dalam suatu sistem tertentu.

5. Read Bain (1937)

Menurut Read Bain (1937) berpendapat bahwa teknologi pada dasarnya meliputi semua alat, mesin, perkakas, aparat, senjata, perumahan, pakain, peranti pengangkut dan komunikasi, dan juga keterampilan, dimana hal ini memungkinkan kita sebagai seoran manusia dapat menghasilkan semua itu.

6. Manuel Castells (2004)

Teknologi merupakan suatu kumpulan alat, aturan, dan juga prosedur yang merupakan penerapan dari sebuah pengetahuan ilmiah terhadap sebuah pekerjaan tertentu dalam suatu kondisi yang dapat memungkinkan terjadinya pengulangan.

7. Rogers (1994)

Rogers yang dikutip dari buku yang dikeluarkan oleh Seels dan Richey (1994) mengatakan bahwa teknologi merupakan suatu rancangan dari langkah instrumental untuk memperkecil keraguan mengenai hubungan sebab akibat dalam mencapai hasil yang diharapkan.

8. Elul (2007)

Elul dalam Miarso (2007) mengatakan bahwa teknologi adalah keseluruhan dari metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri-ciri efisiensi dalam setiap bidang kegiatan manusia.

9. Saliman dan Sudarsono (1993)

Selanjutnya menurut Saliman dan Sudarsono (1993) berpendapat bahwa teknologi merupakan suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari mengenai pembangunan dan industri.

10. M. Maryono

Pengertian teknologi aalah pengembangan dan penerapan peralatan atau sistem untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi manusia dalam kehidupan sehari-hari.

11. Gary J. Anglin

Teknologi adalah penerapan ilmu-ilmu perilaku dan alam serta pengetahuan lain secara bersistem dan mensistem untuk memecahkan masalah.

12. Ursula Franklin

Teknologi merupakan sebuah cara praktis untuk menggambarkan bagaimana kita semua sebagai manusia membuat hal-hal di suatu tempat di sini.

13. Djoyohadikusumo

Pengertian teknologi sebagai bidang yang berkaitan erat dengan ilmu pengetahuan dan ilmu teknik atau rekayasa. Pada dasarnya dapat disimpulkan bahwa teknologi dapat dikatakan memilki dua dimensi, yaitu dimensi teknik dan ilmu pengetahuan dimensi.

14. Sardar (1987)

Definisi teknologi adalah sarana untuk memecahkan masalah mendasar bagi peradaban manusia. Tanpa penggunaan teknologi, maka akan banyak menyebabkan masalah yang tidak dapat diselesaikan dengan baik dan sempurna.

Jenis-Jenis Teknologi

Teknologi dapat dibedakan menjadi beberapa jenis yang didasarkan pada klasifikasi tertentu. Berikut ini jenis-jenis teknologi secara umum.
  • Teknologi Informasi, yakni jenis teknologi yang membantu manusia dalam mengakses informasi dengan cepat dan tepat.
  • Teknologi Komunikasi, yakni jenis teknologi yang membantu manusia dalam mempermudah berkomunikasi.
  • Teknologi Transportasi, yakni jenis teknologi yang membantu manusia dalam berpindah tempat dengan cepat.
  • Teknologi Pendidikan, yakni jenis teknologi yang berfokus pada alat bantu dan media dalam bidang pendidikan.
  • Teknologi Medis, yakni jenis teknologi yang berkaitan dengan dunia medis atau dunia kesehatan.
  • Teknologi Konstruksi, yakni jenis teknologi yang berkaitan dengan pembangunan, misalnya pembangunan sebuah gedung.

Manfaat Teknologi

Sebenarnya tujuan dan manfaat teknologi adalah untuk mempermudah setiap pekerjaan manusia. Namun, ada juga manfaat turunan lainnya antara lain:
  • Memudahkan manusia dalam kehidupan sehari-hari.
  • Mempermudah akses informasi.
  • Membantu proses komunikasi manusia meskipun terpisah oleh jarak yang jauh.
  • Mempermudah sistem transaksi manusia.
  • Memfasilitasi peralatan medis dalam dunia kedokteran dan kesehatan.
  • Meningkatkan kualitas pendidikan dengan sarana prasarana yang tersedia.
  • Mempercepat akses transportasi.
Nah, demikianlah pembahasan pengertian teknologi secara umum dan menurut para ahli besarta jenis teknologi dan manfaatnya. Semoga bisa menambah wawasan dan bermanfaat.

Posting Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.