Download Aplikasi Pemulihan File Penting DOWNLOAD ❤

Pencarian Cepat 💡

Cara Mempercepat loading blog



Cara Mempercepat Loading Blog Blogger (Blogspot). Membangun sebuah blog atau website yang loading nya ringan dan cepat merupakan sesuatu yang harus dilakukan oleh para blogger dan itu wajib kalo menurut saya pribadi.


Kenapa wajib mas?


Karena dengan mempunyai blog yang cepat, itu dapat meningkatkan ranking di search engine khususnya google. Selain itu, mempercepat loading blog dapat memberikan pengalaman menyenangkan kepada para visitor blog. 


Tapi, tidak sedikit juga para blogger malah tidak lagi memperhitungkan kecepatan loading blog mereka. Malah sebaliknya, mereka secara masif meletakkan iklan AdSense yang terbilang terlalu banyak dalam satu halaman sehingga membuat loading blog tersebut menjadi lambat. 


Selain menjadi lebih lambat, membuka halaman blog yang memiliki banyak iklan dapat membuat kuota internet pengunjung menjadi lebih boros.


Ada salah satu penelitian oleh Gomez, yang berjudul "Why Web Performance Matters: Is Your Site Driving Customers Away?" Gomez mewawancarai 1.500 pelanggan tentang bagaimana dampak kecepatan blog bagi pengalaman berbelanja mereka.


Dan hasilnya adalah :


Peningkatan loading website dari 2 ke 10 detik akan meningkatkan rasio pengabaian halaman sebesar 38%.

Lebih dari 75% pelanggan lebih memilih untuk meninggalkan website yang lambat, alih-alih menunggu sampai website termuat.

Nah kan, itu sebabnya mengapa kita harus mempercepat loading blog kita agar pelanggan yang mengunjungi blog kita mendapatkan user experience yang lebih baik.


Oh begitu ya mas..


Yap, untuk itu, sebaiknya para blogger sekalian juga harus mempertimbangkan faktor-faktor yang membuat loading halaman tersebut menjadi berat. Banyak sekali cara-cara yang dapat anda lakukan untuk mengoptimasi loading blog menjadi lebih cepat.

Dampak Negatif Loading Blog Lambat

Lambatnya loading blog dapat memberikan dampak negatif, yaitu :

1. Mengurangi Traffic

Dampak negatif yang akan dialami pada blog lambat yaitu akan mengalami penurunan traffic, pasalnya loading blog yang lambat tentu akan membuat pengunjung menjadi malas menunggu, dan akhirnya tidak lagi mau mengunjungi blog anda. 


Tidak hanya para pengunjung saja, kita saja ketika mengunjungi blog atau website yang lambat pasti malas bukan. Baik kita lanjut ke dampak selanjutnya.

2. Mengurangi Pendapatan

Tidak hanya mengurangi traffic, dengan seiring berkurangnya traffic akibat loading blog yang lambat, tentu saja akan memberikan dampak buruk bagi pendapatan anda. Dengan berkurangnya traffic otomatis akan mengurangi pendapatan anda dan tingkat impresi iklan anda.

3. Berdampak Buruk Untuk SEO

Google mengumumkan bahwa kecepatan loading website merupakan salah satu sinyal yang digunakan untuk algoritmanya dalam merangking halaman blog. Dengan loading blog yang lambat maka lambat laun situs atau blog anda akan tergeser dengan blog-blog yang mempunyai kualitas yang lebih baik.

Dampak Positif Loading Blog Cepat

Dampak positif blog loading blog yang cepat adalah kebalikannya dari dampak negatif loading blog lambat yang sudah saya jelaskan diatas. Anda pasti sudah paham kan. Jadi, saya tidak perlu menjelaskannya lagi disini. Baik, kita lanjut ke pembahasan selanjutnya.

Cara Mempercepat Loading Blog Blogger (Blogspot)

Karena numpang di server google, jadi tidak banyak yang bisa kita lakukan untuk mempercepat loading blog di blogger. Secara otomatis akses kita terbatas untuk melakukan optimasi blog tersebut karena faktor tadi.


Tapi, sebelum belajar cara mempercepat loading blog, alangkah baiknya jika kita memeriksa kecepatan loading blog kita saat ini. Untuk melakukannya, kita bisa memakai tools online gratis seperti Google PageSpeed Insight, GTMetrix, dan lain sebagainya.

Tidak hanya bisa dipakai untuk mengetahui kecepatan akses blog kita, dengan tools ini kita juga bisa melihat apa saja yang membuat website kita lambat dan bagaimana cara mengatasinya.


Jika anda menerima hasil yang kurang baik, beberapa cara ini bisa anda lakukan untuk mempercepat loading blog Blogger anda.

1. Gunakan Template Yang Fast Loading

Cara mempercepat loading blog pertama yang harus anda lakukan adalah dengan menggunakan template blogger yang fast loading. Cara ini sangat mudah sekali untuk anda dilakukan. Tanpa perlu susah-payah optimasi dengan manual. 


Dan cara ini sangat saya rekomendasikan bagi anda blogger pemula yang masih belajar, yang belum tau tentang seluk-beluknya blogspot.

2. Optimalkan Gambar

Setelah memeriksa kecepatan blog anda dengan Google PageSpeed Insight dan GTMetrix. Sekarang anda bisa melihat komponen apa saja yang membuat loading blog menjadi lambat, dan biasanya gambar atau foto. 


Nah, untuk mengoptimalkan gambar di blog anda, anda bisa mulai dengan menggunakan gambar seperlunya saja. Dan untuk memperkecil ukurannya, anda bisa simak beberapa hal dibawah :

Gunakan Ukuran Gambar Sesuai Dimensi Blog

Gambar yang memiliki dimensi yang besar pasti akan memiliki size yang besar juga. Oleh karena itu, menggunakan gambar yang sesuai dengan dimensi blog akan membuat gambar menjadi lebih optimal tanpa merusak tampilan blog itu sendiri.

Pilih Format Gambar Yang Tepat

Setiap format gambar tentu mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dan format yang biasa dipakai dan kompatibel dengan browser adalah PNG, JPEG, dan GIF.


Berikut adalah sedikit penjelasan tentang format PNG, JPEG dan GIF :

PNG. Format PNG lebih cocok digunakan untuk menyimpan gambar geometri atau hasil render vektor yang memiliki sedikit warna (sekitar 256 warna). 

JPEG. Format JPEG lebih cocok digunakan untuk menyimpan gambar berbentuk foto berisi objek nyata seperti pemandangan atau manusia.

GIF. Format GIF biasanya digunakan untuk menyimpan gambar bergerak. Meskipun, GIF juga cocok untuk menyimpan gambar dengan ukuran kecil yang memiliki sedikit warna seperti logo.

Jadi, saran saya untuk memilih format PNG saja, karena jika untuk gambar postingan blog atau thumbnail postingan, malah lebih bagus pakai format PNG. Dan jika blog wallpaper, lebih baik gunakan format JPEG.

Compress Gambar

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk mengoptimalkan gambar adalah dengan melakukan kompresi. Meng-kompres gambar dilakukan dengan tujuan untuk menghilangkan meta data pada gambar. Selain itu kompresi juga memakai algoritma khusus agar gambar dapat disimpan dalam ukuran yang lebih kecil tanpa mengurangi kualitasnya.


Untuk mengkompres gambar, anda bisa menggunakan tools online gratis berikut ini :

Compressor.io

TinyPNG.com

Kraken.io

GIFCompressor

CompressPNG.com

CompressJPEG.com

Kalo kamu pake tools yang mana mas?


Saya biasanya pake yang TinyPNG dan Kraken.io.

Pasang Script Lazy Load

Cara mempercepat loading blog selanjutnya yaitu menggunakan kode javascript lazy load. Lazy Load adalah teknik untuk menunda loading gambar sampai dibutuhkan oleh pengunjung. Maksudnya, gambar yang belum terlihat di area layar tidak akan di load sampai pengunjung men-scroll halaman.

Cara Memasang Script Lazy Load di Blogger


Pertama, masuk ke Dashboard Blogger anda.

Kemudian, klik Menu Tema >> Edit HTML.

Langkah selanjutnya cari kode </body> atau bisa juga dengan CTRL + F .

Copy script lazy load dibawah ini dan letakkan diatas kode </body>.


Click Untuk Membuka Scriptnya

3. Hindari Penggunaan Gambar Untuk Background dan Header Blog

Cara mempercepat loading blog selanjutnya yaitu tentang penggunaan gambar pada background dan header blog. Pemakaian gambar umumnya akan menambah jumlah beban yang harus di load oleh server. Tidak hanya gambar yang ada di artikel saja, tapi juga gambar yang anda gunakan sebagai header dan gambar yang dijadikan background blog.


Saya pribadi tidak terlalu menyarankan anda untuk menggunakan gambar untuk background blog maupun header blog. Tapi, balik lagi ke diri kita masing-masing, biasanya selera blogger kan beda-beda. 


Jadi, jika anda ingin menggunakan gambar pada header atau background blog, ada beberapa hal yang bisa anda perhatikan agar blog anda tetap tampil cantik tanpa mengorbankan loading speed blog anda.


Salah satunya yaitu anda bisa mengoptimalkan gambar terlebih dahulu sebelum digunakan untuk header blog maupun background blog seperti yang sudah saya jelaskan diatas.

4. Compress Script JavaScript dan CSS

Cara mempercepat loading blog selanjutnya yaitu dengan meng-compress kode javascript dan css. Memperkecil ukuran kode javascript dan css bisa meningkatkan kecepatan loading blog. Secara umum semua script dalam template Blogger bisa anda kompres mulai dari HTML, JavaScript, hingga CSS.


Meng-compress script sendiri dilakukan dengan menghapus komentar dan karakter yang tidak penting tanpa mengubah fungsi script tersebut. Dan anda tidak perlu melakukannya secara manual karena kita bisa menggunakan tools untuk memperkecil ukuran script.


Di beberapa template premium, Javascript yang digunakan biasanya sudah dikompresi, namun kebanyakan kode CSS-nya belum. Untuk meng-compress CSS, buka template Blogger dan copy kode yang berada di antara <b:skin> dan </b:skin>.


Setelah itu anda bisa menyalinnya dan paste kan di CSS Minifier, lalu lakukan compress kode css tadi. Jika sudah, copy kode yang sudah diperkecil menggantikan kode CSS sebelumnya.

Perhatian! Harap berhati-hati dalam melakukan tindakan ini, jika anda belum paham betul tentang koding, sebaiknya anda skip cara yang keempat ini. Dan jika anda ingin melakukan cara ini, saya sarankan untuk mem-backup terlebih dahulu templatenya, untuk berjaga-jaga jika ada hal yang tidak diiginkan.


5. Batasi Jumlah Postingan Di Hompage Blogger

Biasanya secara default, blogger akan menampilkan 7 postingan pada hompage atau beranda blog anda. Tapi, jika anda ingin mempercepat loading blog blogspot anda, sebaiknya atur menjadi 4-6 postingan saja yang muncul.

6. Jangan Terlalu Banyak Memasang Widget

Memasang terlalu banyak widget itu suatu kesalahan besar, karena selain kurang SEO juga dapat mengurangi kecepatan loading blog. Nah, beberapa para blogger pemula sengaja memasang banyak widget pada blog mereka dengan alasan akan memudahkan visitor untuk menelusuri konten yang ada di blog tersebut. 


Jadi, widget berfungsi sebagai navigasi untuk pengunjung untuk memperoleh apa yang mereka cari. Betul hal ini bagus juga, apabila memasang widget dengan tujuan untuk mempermudah pengunjung untuk memperoleh apa yang mereka cari. Tetapi, jika terlalu banyak widget dapat membuat blog anda menjadi lebih lambat. 


Oleh karena itu, semakin banyak widget maka request yang dibebankan kepada server pun akan menjadi lebih berat. Sebaiknya gunakan widget secukupnya saja jangan terlalu berlebihan. Kalau menurut saya lebih baik pasang tiga widget saja sudah lebih dari cukup, widget Recent Post, Label, dan Populer Post.


Berikut adalah beberapa widget yang biasanya membuat blog lambat ; Widget Adsense, Widget Banner Afiliasi, Widget yang menampilkan postingan media sosial kita.

Widget Adsense

Yang namanya iklan pasti bikin website makin lemot. Tapi, jika anda ingin tetap memasang iklan AdSense di sidebar, mungkin ada beberapa hal yang bisa dipertimbangkan terlebih dahulu.


Pertama, cek penghasilan iklan yang dipasang di sidebar dengan iklan di tempat lainnya. Untuk melakukannya, anda bisa membuat Ad Unit dan memasangnya hanya di satu tempat saja. Setelah itu bandingkan hasilnya selama sebulan. Jika hasilnya jauh lebih kecil, lebih baik dihapus saja.


Dari pengalaman saya, pendapatan terbesar AdSense biasanya berasal dari iklan yang diletakan dibawah header, sidebar dan di dalam postingan.

Widget Banner Afiliasi

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan memasang widget ini. Hanya saja pada banner afiliasi, gambar yang digunakan umumnya mengambil dari situs penyedia afiliasi yang kadang belum dioptimasi.


Jadi jika anda memasang banner afiliasi, ada baiknya jika anda mengunduh dan menyimpan gambar banner tersebut di blog anda sendiri.

Widget Media Sosial

Widget media sosial seperti fans page atau widget yang menampilkan postingan terakhir anda di sosmed adalah widget yang juga harus anda hindari.


Jika anda ingin memakainya, lebih baik menggunakan widget link biasa berupa teks atau logo yang jika diklik akan mengarahkan pengunjung ke akun sosial media anda.

7. Jangan Menggunakan Terlalu Banyak Jenis Font

Hampir disetiap template kita bisa mengatur tampilan font untuk masing-masing elemen blog mulai dari menu navigasi, header, post, sidebar, dsb. Meski menyenangkan bisa mempercantik tampilan blog kita, ada baiknya jika anda tidak memakai terlalu banyak font, terutama font-font Google. Semakin banyak font Google yang anda pakai, semakin berat pula loading blog anda nantinya.


Untuk mempercepat loading blog Blogger, ada baiknya jika anda hanya memakai dua jenis font saja. Selain itu hindari font stylish seperti kaligrafi yang biasanya berukuran lebih besar dibanding font serif atau sans-serif.

8. Batasi Jumlah Iklan Yang Ditampilkan pada Blog Anda

Cara mempercepat loading blog selanjutnya yaitu dengan membatasi jumlah iklan yang tampil pada blog anda. Kadang ada blogger yang secara berlebihan memasang iklan terlalu banyak dalam satu halaman blog, tentu saja hal ini dapat membuat loading blog anda menjadi lebih lambat. 


Sebaiknya jangan terlalu banyak menayangkan iklan pada satu halaman, hal tersebut juga dapat mempengaruhi kecepatan loading blog anda. Selain memperlambat loading blog, terlalu banyak iklan dalam satu halaman blog juga dapat mengganggu kenyamanan para pengunjung untuk membaca konten anda dengan baik.

9. Manfaatkan AMP

Cara mempercepat loading blog selanjutnya yaitu memanfaatkan AMP. AMP atau accelerated mobile pages adalah cara yang dianjurkan Google agar loading blog semakin cepat. Maka dari itu anda bisa memanfaatkan AMP untuk blog blog anda. Karena AMP bisa mengaktifkan caching di browser mobile.


Selain mengaktifkan caching di browser mobile, AMP memiliki beberapa fungsi lain, diantaranya :

Dapat membatasi resolusi gambar

Dapat mengubah format gambar agar sesuai dengan tampilan perangkat mobile

Dapat menurunkan kualitas gambar

Dengan begitu, AMP dapat mengurangi ukuran halaman blog anda secara signifikan. Selain loading menjadi lebih cepat, kuota internet pengunjung juga bisa lebih hemat.

10. Hindari Penggunaan Pop-up

Cara mempercepat loading blog yang terakhir yaitu menghindari penggunaan pop-up. Banner atau formulir pop-up memang sering digunakan pada blog. Misalnya saja untuk melakukan promosi atau formulir email list.


Akan tetapi, penggunaan pop-up pada blog mobile perlu dihindari. Karena dengan layar perangkat mobile yang jauh kecil, kemunculan pop-up justru akan menutupi konten blog itu sendiri. Dengan mengurangi pop-up, maka anda bisa mempercepat loading blog anda.


Apalagi kalau pop-up tersebut susah di-close. Bisa-bisa pengunjung keburu menjadi kesal dan meninggalkan blog anda. Hal itu tidak mau kan terjadi pada blog anda?

Demikian Cara Mempercepat Loading Blog Blogger. Semoga tutorial yang saya bagikan ini bisa membantu mengatasi masalah pada blog anda. Terima kasih sudah berkunjung..

Posting Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.